Belakangan, memancing telah berkembang jadi gaya hidup tersendiri. Kondisi ini langsung direspon para pengelola tempat wisata.

Alasannya sebagai hobi juga bahkan, ada yang menggolongkan memancing sebagai kegiatan olah raga dan dapat dilombakan seperti jenis olah raga lainnya, dan ada pula sisi sebagai sarana berwisata. Seperti yang diutarakan Suwanto, salah satu pehobi mancing mengatakan mancing di laut lepas membuatnya mendapatkan sebuah pengalaman menarik, yaitu perasaan senang dan menghilangkan beban stres bersama kawan-kawan saat mancing.

Sehingga banyak even-even berskala besar digelar demi menggiatkan kegiatan memancing, seperti halnya di Jawa Timur sendiri. Pada 16 Nopember 2008 diadakan festival mancing di Pantai Pasir Putih Situbondo. Dari kegiatan itu diharapkan dapat kembali mengundang minat wisatawan lokal maupun mancanegara yang gemar memancing, sehingga mereka senang menjadikan lautan yang ada di Jatim sebagai kawasan memancing andalan.

Didukung dengan kondisi lautan di Jawa Timur, keahlian dan peralatan yang sangat mendukung memancing seakan tidak dapat lagi dihindari. Setiap akhir pekan banyak yang menjadikannya sebagai alternatif berwisata bersama rekan maupun saudara. Cukup dengan merencanakan laut mana yang akan dituju, kemudian mencari sewa perahu atau kapal dan bekal memadai untuk menuju ke sana dan siap berburu ikan yang ada didalam perairan.

Memancing di lokasi perairan tawar dari pandangan para pehobi mancing memang sangat mudah, namun ikan yang akan didapat juga tergolong biasa. Beda halnya dengan memancing di lokasi perairan laut lepas, untuk target ikan yang akan diperoleh cukup besar dan bermacam-macam. Selain itu unsur berwisata juga dapat kita rasakan, yakni memandangi lanskap lautan lepas dan gelombang arus air laut.

Apabila kita berkehendak memancing di laut dapat dilakukan diperairan dangkal yang dekat dari pantai, atau diperairan dalam yang jauh dari pantai. Semuanya tergantung pada keinginan, dana, dan kelengkapan sarana. Memancing di sekitar pantai atau perairan dangkal dapat dilakukan di dermaga, anjungan pelabuhan, atau di perairan karang dekat pantai.
Penentuan lokasi pemancingan yang tepat di laut memang agak sulit, apalagi di perairan lepas.

Dalam hal ini peran nelayan setempat sangat membantu. Mereka biasanya lebih mengetahui di mana perairan karang berada dan di mana terdapat lokasi ikan-ikan tertentu. Hal ini didasarkan pada pengalaman mereka selama bertahun-tahun di laut. Oleh sebab itu, bagi yang tidak mau mengambil resiko salah dalam memilih lokasi, bisa meminta bantuan nelayan setempat sebagai penunjuk jalan. Hal seperti ini sering dilakukan oleh sebagian besar pemancing di laut. Bahkan, kadang-kadang sekalian menyewa perahu mereka.

Jika memperhatikan posisi mata pancing di dalam air, memancing di laut dapat dilakukan di dekat permukaan , di lapisan tengah, atau di dasar perairan. Dengan adanya lokasi pemancingan yang berbeda ini tentunya diperlukan teknik pemancingan yang berbeda pula.

Teknik memancing dekat permukaan akan berlainan dengan teknik memancing di dasar. Cara memancing di laut memang dapat dikatakan lebih rumit dibandingkan cara memancing di air tawar. Namun, apabila menguasai tekniknya, memancing di laut akan terasa lebih mengasyikkan. Jenis ikan di laut umumnya lebih beragam dan ukurannya lebih besar dibandingkan ikan air tawar.

Untuk tips dalam persiapan yang akan kita lakukan saat memancing, beberapa pehobi memancing banyak memberikan paparannya. Antara lain persiapan bekal yang akan dibawa saat berburu ikan di laut lepas karena ketika di sana kita tak butuh waktu singkat, seperti umpan, senar dan alat pancing, tempat penyimpanan ikan hingga kapal atau perahu yang akan ditumpangi.

Selain itu juga perlu adanya penentuan waktu, dapat dilakukan pada siang hari (dari pagi hingga petang) dan juga malam hari. Namun semua kegiatan memancing di laut kadang selalu tergantung juga dengan keadaan cuaca. Baik faktor cuaca di atas permukaan laut biasa berhubungan dengan matahari, bulan, angin, ombak dan awan. Maupun faktor cuaca di dalam air laut, yang mana kita perlu juga mengetahui suhu air laut, arus air laut, dan kejernihan air laut.

Menurut keterangan Harry Syahrully Riadi, salah seorang penggemar mancing, memancing tidak hanya dibutuhkan kemauan dan skill saja, tetapi juga kita harus memahami banyak teknik khususnya yang berhubungan dengan kondisi alam. “Kalau kita sudah sering melakukannya ikan-ikan besar tak akan luput dari kail, maka teruslah melatih kreatifitas dan kuncinya ada pada kesabaran sebab memancing yang dibutuhkan adalah kedua unsur itu,” paparnya.

ridloi | foto:dok.