Lama dinanti, Jazz Traffic Festival hadirkan 200 artis lokal hingga internasional, pada hari Sabtu (28/11) dan Minggu (29/11) pukul 13.00 sampai 24.00 WIB. Mereka akan tampil menghibur pecinta jazz Surabaya di tiga panggung terpisah seperti tahun sebelumnya, yaitu Pelindo III Stage, Exibishion Hall, dan Outdoor Parking Area, Grand City Convention Exhibition.

Selain artis seperti Judika, Kunto Aji, dan Kahitna, nama-nama musisi senior seperti Gilang Ramadhan, Indra Lesmana, Donny Suhendra, Pra Budhidharma, Dwiki Dharmawan, dan Trie Utami, yang tergabung dalam Krakatau Reunion pun, dipercaya mampu memberikan daya tarik tersendiri pada Festival Jazz ditahun kelima ini.

Beragam lagu sudah disiapkan, sebagai penampilan spesial, beberapa lagu yang belum rilis juga akan dimainkan. Seperti Krakatau Reunion, yang tak hanya memainkan lagu dari koleksi album mereka.

“Di Jazz Traffic Festival kali ini, kami akan membawakan beberapa lagu dari album yang saat ini sedang proses pengerjaan,” tutur Gilang Ramadhan.

Musisi Prancis
Untuk artis internasional, Jazz Traffic mendatangkan Eric Legnini Trio. Trio asal Prancis ini, akan membawakan repertoire dari beberapa album terakhir mereka, yaitu Trippin, The Vox dan Sing Twice dalam versi lebih elektrik.

Eric Legnini dengan piano elektrik Fender Rhodes-nya akan menyajikan beberapa komposisi dari album terbarunya yang bergenre jazz funk.

“Album baru ini bahkan belum dirilis,” ungkap manajemen Eric Legnini.

Pada gelaran Jazz Traffic Festival ini, musisi kelahiran Belgia ini akan tampil bersama Dan Romeo pada bass dan Franck Agulhon pada drum. Ketiganya pertama kali bertemu di satu panggung dalam Festival Jazz Villette 2014 di Paris. Pada saat itu Eric Legnini didapuk untuk merespon repertoire-repertoire Ray Charles sang musisi jazz legendaris.

Sejak mengudara ditahun 1985, Jazz Traffic diyakini mampu membawa penonton lebih menikmati musik jazz. Selain itu, pertemuan dan dialog antar musisi jazz lintas genre juga komunitas, menjadi brand yang tidak terhapus dalam penyelenggaraan Jazz Traffic Festival 2015. Komunitas jazz lokal, nasional, bahkan internasional bahkan bisa berbagi wawasan untuk memperkaya talenta masing-masing di event ini.

“Jazz Traffic adalah sebuah ikon kota sehingga penonton tidak sekadar menikmati musik, tapi juga kami bawa untuk turut merayakan jazz,” tutur Rudy Hartono, Sekretaris Panitia Jazz Traffic Festival 2015.

naskah : pipit maulidiya | foto : istimewa