‘’Paling enak ya numpak motor, paling aman ya numpak sepur. Paling aman ya dadi koruptor, nek konangan ya ndek Singapur”, celetuk Kartolo mengawali pertunjukan di pendopo Kabupaten Malang Sabtu (13/10) malam. Mengusung isu korupsi yang marak merebak di Indonesia Kartolo cs diundang dalam rangka Dialog Interaktif Melalui Pertunjukan Rakyat dengan tema Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Indonesia.

Sejak pukul tujuh malam ratusan orang mengerumuni aula kecil bergaya tradisional tersebut. Sejenak terdengar gemuruh gelak tawa yang terpecah lagi berkali-kali. Grup lawak Kartolo cs tsk henti-hentinya memicu gelak tawa dan mengocok perut warga malang.

Cak Kartolo bersama Cak Sapali, Cak Suwito, Ning Tini dan anggota ludruk Tjap Tjempol yang didatangkan dari Surabaya semalam suntuk menghibur warga malang. Dengan tema pemberantasan korupsi Kartolo cs membawakan guyonan uniknya di pentas warga malang. Guyonan yang apa adanya, ceplas ceplos, dan polos seringkali memikat tawa penonton. Sehingga semakin malam pun semakin ramai.

Acara ini dihadiri pejabat dari Kementrian Kominfo, beberapa pejabat tinggi kabupaten Malang, dan juga Bupati Malang Rendra Kresna. Bersama-sama memerangi korupsi di Indonesia para petinggi kabupaten Malang mempersembahkan suguhan guyonan dari Kartolo cs untuk mensosialisasikan anti-korupsi lewat komedi.

naskah/foto: arif furqon