03Fenomena perubahan iklim di dunia menjadi perhatian tersendiri bagi Institut Français Indonesia atau IFI. Dengan sebuah media fotografi, IFI mencoba menampilkan kepada masyarakat luas khususnya di Surabaya tentang fenomena perubahan iklim dengan 21 karya fotografer ternama Prancis, Yann Arthus-Bertrand, yang juga pendiri organisasi lingkungan, GoodPlanet Fondation.

Pameran bertajuk 60 Solusi Menghadapi Perubahan Iklim yang menampilkan 21 karya fotografi yang dilengkapi informasi mengenai berbagai solusi menghadapi perubahan iklim dari sejumlah wilayah di dunia ini tersaji di Galeri House of Sampoerna, jalan Taman Sampoerna Surabaya, dari 4-25 September 2015 mendatang. Adapun pembukaan pameran yang akan dilakukan pada hari ini, Kamis, 3 September 2015.

Pameran hasil kolaborasi dengan Agence Française de Développement (AFD) atau Badan Prancis untuk Pembangunan ini adalah rangkaian hajatan sains la Science atau Pesta Sains edisi kedua di Indonesia yang mengangkat tema Perubahan Iklim. Surabaya merupakan kota pertama diselenggarakannya festival sains nasional ini, ditandai dengan dibukanya pameran interaktif “Iklim Berubah dan Kita ?” di Galeri AJBS pada 28 Agustus lalu sebagai awal dimulainya Pesta Sains tahun ini di Surabaya.

Foto-foto “60 Solusi Menghadapi Perubahan Iklim” ini sebelumnya juga pernah dipamerkan di sekitar 30 negara, antara lain Prancis, Tiongkok, Mesir, Afrika Selatan, India, Thailand serta negara-negara dibelahan bumi yang lain. Pada tahun ini, AFD menencanakan memamerkannya berkeliling di berbagai negara, salah satu Indonesia yang menjadi destinasi karya fotografi milik Yan Arthus Bertrand ini.

Dalam pameran kali ini, Yan Arthus Bertrand juga turut memajang karyanya yang terkenal “Earth from Above” yang menampilkan hutan-hutan mangrove di pesisir yang sebagian zonanya terendam, menjadikannya sebagai hutan yang paling terancam disemua hutan. Berdasarkan keterangan fotonya, hutan ini kehilangan sekitar 0,7% dari luasnya setiap tahun di seluruh dunia. Padahal, mereka memainkan satu peran ekologis yang sangat minim.

Selain itu, masih ada karya lain yang menyajikan gambaran inisiatif konkret dalam empat sektor. Diantarnya, kota, pertanian, energi transisi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Di antara inisiatif yang ditampilkan dalam pameran ini, 15 foto adalah proyek yang didukung AFD yang menggambarkan berbagai metode pembiayaan di negara-negara di mana AFD beroperasi. Menjadikan pameran ini yang seakan ingin menunjukkan bahwa inisiatif yang diilustrasikan oleh Yann Arthus Bertrand ini tidak terisolasi, dan bahkan bisa ditiru, dengan harapan bisa membantu keyakinan AFD untuk menghadapi tantangan global perubahan iklim, bahwasanya masih ada solusi untuk permasalah ini.

Setelah Surabaya, Pesta Sains akan hadir di seluruh kota tempat hadirnya jaringan Prancis lainnya pada September hingga Desember 2015 : IFI  di Bandung, Jakarta, Jogjakarta ; Alliances Française di Bali dan Medan, serta sejumlah Warung Prancis (WP) dan perguruan tinggi dan sekolah mitra IFI. Secara total, terdapat 9 kota/tempat diselenggarakannya Pesta Sains di Indonesia: Bandung, Jakarta, Jombang, Jogjakarta, Makassar, Malang, Medan, Surabaya, dan Bali.

naskah dan foto : rangga yudhistira