STUNNING EAST JAVA|Saturday, August 2, 2014
  • GO STUNNING

Etalase Cantik Kerajinan Khas Jatim 

EJT-COM-Kerajinan

Ingin mencari produk kerajinan khas daerah di Jawa Timur? Datang saja ke Jalan Raya Bandara Juanda Surabaya, tepatnya di Gedung Pusat Souvenir UKM dan Gedung Pamer Produk UKM Jatim. Keberadaan dua gedung itu secara letak sangat strategis, karena cukup dekat dengan Bandara Juanda serta didukung dengan area yang memadai.

Mengenai produk kerajinan yang dapat diperoleh di tempat ini terbilang cukup lengkap dan bervariasi. Merupakan produk-produk souvenir UKM unggulan dan terbaik dari seluruh Kabupaten maupun Kota di Propinsi Jawa Timur. Mereka yang terlibat telah disediakan satu stand paviliun di dalam gedung tersebut. Seperti pernik kaca, kerajinan kayu, onyx, batik, dan masih banyak lagi. Khusus untuk produk UKM makanan dan minuman khas Jawa Timur yang tahan lama akan dikelompokkan dalam area tersendiri di gedung tersebut.

Bahkan agar tidak membosankan, di Gedung Pamer Produk UKM Jawa Timur misalnya akan menggelar pameran setiap hari termasuk hari Sabtu dan Minggu. Penyelenggaraan pameran ini dikemas secara tematik. Bahkan tema Komoditi Pameran akan berganti minimal setiap 2 atau 3 minggu sekali.

Jenis produk souvenir unggulan tersebut diharapkan tidak dirubah-rubah dan akan menempati di Gedung tersebut sepanjang tahun, agar para pembeli baik dari wisatawan domestik dan luar negeri tidak bingung dan akan memiliki kepastian tentang produk-produk souvenir UKM yang disajikan. Pada setiap akhir tahun, direncanakan akan digelar Lomba Souvenir Terbaik Tingkat Jawa Timur, yang salah satu indikatornya didasarkan pada omset penjualan di gedung tersebut.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal dan memuaskan kepada masyarakat selaku pelanggan pada umumnya, dan khususnya kepada buyer dari dalam dan luar negeri, Gedung Pusat Souvenir ini akan buka setiap hari termasuk hari sabtu dan minggu buka, pagi hingga malam hari.

Dongkrak Ekonomi Masyarakat
Diakui atau tidak sektor UMKM di Jawa Timur masih mengalami beberapa kendala. Terutama pemasaran produk kerajinan yang dihasilkan. Padahal, ini mempengaruhi produktivitas dan perkembangan usaha yang dikelola oleh pelaku UMKM.

Hal ini seperti dijelaskan M. Hadiyanto, Kasubdin UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur, keberadaan dua gedung ini bertujuan untuk membantu UMKM yang ada di Jatim, menyiapkan atau memberikan wawasan mereka terkait sektor usaha, karena itu pula mereka yang terlibat akan diajak untuk dipertemukan secara langsung dengan para buyer secara langsung, terakhir adalah mengangkat harkat dan martabat UKM.

”Semoga saja upaya ini dapat menggairahkan dan menggerakan sektor riil dan memberikan kontribusi yang besar dalam perekonomian Jawa Timur,” ujarnya.

Berbagai upaya untuk menggenjot produktivitas dan kinerja kedua gedung ini dilakukan, lewat promosi dalam berbagai bentuk dan sarana. Serta keterlibatan beberapa pihak yang ikut terkait akan kepedulian pengembangan produk kerajinan UKM Jatim. Bahkan juga kelak direncanakan akan diprogramkan paket kunjungan wisata UKM, sehingga para wisatawan ini dapat berkunjung ke UKM sekaligus belajar dan praktek membuat produk yang diinginkan.

”Dengan upaya tersebut, nantinya dua gedung ini tak sekedar menjadi pusat bisnis Jawa Timur saja, tetapi dapat menjadi Pusat Informasi Wisata dan Seni Budaya Jawa Timur,” pungkas Hadiyanto kembali.

naskah dan foto: m.ridlo’i

ARTIKEL PILIHAN LAINNYA

2 Responses to Etalase Cantik Kerajinan Khas Jatim

  1. the batik souvenir

    Terimakasih banyak uuntuk Gedung Pusat Souvenir Dinkop Jatim Jl. Raya Juanda, yang telah memberikan space/tempat kepada kami, the batik souvenir untuk bisa memamerkan hasil-hasil kerajinan kami.The batik souvenir,menghasilkan karya segala jenis souvenir batik seperti tempat pensil batik,topi batik,caping batik,pot batik,vas batik,pigura batik,wayang kulit miniatur,tas batik,tas laptop batik,dompet batik,meja batik,kursi batik,dan masih banyak lagi hasil karya lainnya.Di Gedung pusat Souvenir,kami mewakili Kabupaten Ponorogo.TerimaKasih

  2. the batik souvenir

    Terimakasih banyak untuk Gedung Pusat Souvenir Dinkop Jatim Jl. Raya Juanda, yang telah memberikan space/tempat kepada kami, the batik souvenir untuk bisa memamerkan hasil-hasil kerajinan kami.The batik souvenir,menghasilkan karya segala jenis souvenir batik seperti tempat pensil batik,topi batik,caping batik,pot batik,vas batik,pigura batik,wayang kulit miniatur,tas batik,tas laptop batik,dompet batik,meja batik,kursi batik,dan masih banyak lagi hasil karya lainnya.Di Gedung pusat Souvenir,kami mewakili Kabupaten Ponorogo.
    TerimaKasih

    the batik souvenir

Add a Comment