STUNNING EAST JAVA|Tuesday, October 21, 2014
  • GO STUNNING

Hiasan Kerang, Tak patah Arang 

Dibalik identitasnya sebagai kota Metropolitan, rupanya kota Surabaya juga bisa dijadikan sebagai tempat jujukan berwisata. Salah satu wisata alam yang pas untuk dikunjungi adalah Pantai Ria Kenjeran.

Selain menikmati keindahan alam atas karunia Tuhan yang menciptakan pantai dengan berbagai manfaat didalamnya, tempat wisata dengan luas 100 hektar itu juga menyediahkan tempat hiburan lainnya yang tak kalah asik. Antara lain taman kota yang teduh dengan pohon-pohonnya, beberapa gazebo untuk tempat bersantai bersama keluarga dan rekan, serta kolam renang yang disuguhkan apik oleh pengelolah.

Jika anda belum puas bermain-main dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Sebelum pulang, sempatkan mampir ke pasar wisata Pantai Kenjeran Lama. Ada banyak pilihan buah tangan. Mulai aneka olahan hasil laut, bermacam souvenir dari kerang atau baju-baju cantik berharga ekonomis.

Ketiga item tersebut ditempatkan dalam tiga lokasi berbeda yang saling berdekatan. Pasar wisata terlihat lebih cantik dan bersih dibandingkan dulu. Para pedagang dikumpulkan dalam satu gedung, masing-masing berlantai keramik berukuran 10×30 meter.

Di tempat ini yang paling terkenal adalah sebagai pusat penjualan candramata khas kerajinan laut seperti, tirai yang terbuat dari rangkaian kulit kerang dan keong laut, souvenir patung kecil yang terbuat dari kernagka binatang laut dan benda-benda yang unik hasil kerajinan laut.

Hiasan yang dibuat para pengrajin itu diambil dari berbagai macam jenis kerang yang memiliki bentuk dan warna berbeda-beda keunikan tersendiri. Kebanyakan kerang diambil dari lautan dalam pulau Kalimantan dan Bali. Namun, sesekali juga memanfaatkan limbah kerang dari sekitar Pantai Kenjeran.

Kendati kerang yang diperoleh tidak seindah dari lautan dalam. Ini tentunya akan mempengaruhi harga penjualan kerang itu. “Karena pengolahan menjadikan kerang bagus cukup rumit, jadi harga juga agak tinggi,”kata Indarti salah satu penjual hiasan kerang laut.

Di pasar yang menyediakan souvenir berbahan kerang ini tak hanya dijual bentuk jadi. Kerang-kerang yang sudah dipoles dijual terpisah sehingga, bisa dikreasikan sesuai keinginan.

Cara pengolahan kerang di Kenjeran memang tidak segampang mencarinya. Kerang yang awalnya hitam dan jelek direbus menggunakan soda api. Setelah itu kerang dicuci kembali dan diletakkan dalam ember berisi air yang mengandung tetesan kaporit. Dan kerang akan berubah bersih dan cantik dengan sendirinya.

Selain mengincar pasaran dari pengunjung Pantai Kenjeran, usaha kerajinan berbahan kerang ini telah merambah ke berbagai wilayah dengan daerah pesanan terbanyak Jayapura, Jakarta, Banjarmasin, dan Bandung. Mereka tertarik dengan hiasan kerang yang menghiasi lemari, frame, lampu gantung, bahkan kerang yang dibentuk menyerupai binatang.

ARTIKEL PILIHAN LAINNYA