Hotel Santika terletak di Jalan Pandegiling 45, Surabaya, keberadaannya seakan tak asing lagi bagi masyarakat. Disamping posisinya yang cukup strategis, berdekatan dengan beberapa kawasan bisnis di tengah Kota Surabaya, hotel ini juga didukung dengan fasilitas dan layanan yang memuaskan.

“Kami lebih mengedepankan sentuhan kultur Indonesia dimana terkenal dengan keramah tamahannya,” ujar Pipit Afifah, Asistant Sales Manager Hotel Santika Surabaya. Hotel Santika dibangun pada tahun 20 Februari tahun 1998. Penamaan Santika sendiri diambil dari bahasa Sansekerta dimana memiliki arti kokoh dan damai. Hal tersebut dapat dilihat dari arsitektur bangunan Hotel yang tergabung dengan PT. Grahawita Santika Group ini.

Ditambah lagi dengan hadirnya tiga pasang topeng pria dan wanita dari perak di setiap sudut yang ada di lobby hotel, serta artefak yang juga ada di setiap room dan pohon tombak Jawa dapat mewakili keramahan serta sebuah kedamaian. Selain itu, Adita Putri, Sales and Media Communication Hotel Santika juga mengatakan, hotel ini diharap bisa menjawab kebutuhan para tamu agar merasa nyaman dan damai jika berada di hotel ini.

“Dan kami juga terus berusaha untuk melayani tamu dengan keramahan,” tukasnya.

Ditanya tentang penggunaan logo tunas yang dimiliki hotel ini, Adita mengatakan, logo ini menggambarkan sebuah harapan yang akan terus tumbuh seiring dengan tumbuhnya penginap, dan ada sebuah harapan mampu membawa keteduhan bagi pengunjung. Maka dari itu tagline yang mereka usung ialah Hospitality from the Heart.

Sebagai hotel yang mengedepankan segementasi hotel bisnis Santika memiliki beberapa fasilitas Business Center yang cukup memuaskan. Terbukti dengan adanya ruangan meeting seperti Bromo yang mampu menampung 300 orang (standing party), Anjasmoro 30 hingga 35 orang dan Arjuna yang juga bisa untuk 30 orang serta Ijen dan Welirang yang juga bisa menampung para penbisnis yang menginap sekitar 20 hingga orang di Business center tersebut yang disediakan oleh pihak Manajemen.

Bicara mengenai tamu dan pengunjung sendiri berbagai tujuan dimiliki oleh mereka. Mulai dari menikmati lokasi yang memang sangat strategis yaitu diantara kawasan Segitiga emas Surabaya. Dimana tidak jauh juga dengan pusat bisnis dan shopping seperti Tunjungan Plaza tidak dapat dipungkiri mereka rata rata yang menginap ingin belanja serta melakukan bisnis dengan relasi kerja yang ada Surabaya.

Untuk golongan pebisnis pun bermacam daerah singgah di Hotel Santika mulai Jakarta, Mataram, Banjarmasin dan kota Indonesia lainnya. “Kami sering disinggahi para artis artis ibukota yang sedang konser di Surabaya. Misalnya Ello,” papar alumnus Satra Inggris Universitas Airlangga Surabaya ini.

Adapun fasilitas lain yang ditawarkan seperti Spa yang bernama Teneleven Spa dimana juga berada satu atap dengan small fitness yang juga berada di lantai 10. Hotel Santika sendiri memiliki 124 room dan 1 room digunakan untuk GM sendiri (stayhome). Selain Spa dan fitness center untuk hiburan hotel santika menyuguhkan sebuah live music dari hari senin hingga jumat namun konsep livenya berbeda.

Hanya iringan organ dan beberapa wanita yang mengalunkan lagu lagu permintaan pengunjung yang hadir. Kehadiran Pikulan, artefak yang terbuat dari logam dan perak serta bunga anturium mampu menemani Anda di Resto Mekarsari.

“Kami memiliki menu andalan yakni rawon buntut Santika,” lanjut perempuan yang berasal dari Jawa Barat ini. Sebagai wujud dalam meramaikan Ultah Surabay ke 717 pihakk resto menyajikan minuman baru seperti Moktail PG Smoothy (Pandegiling Smoothy) dimana merupakan olahan dari Banana, Strawberry, milk yang dicampurkan dengan Strawberry Ice Cream.

Ada juga minuman Surabaya Legend yang terdiri dari kiwi, GuavaPineapple, Melon serta di campur dengan sprite. Untuk menu makanan di tawarkan juga menu Al Capone Steak dimana terdiri dari panggang daging sapi yang dihidangkan dengan pasta lasagna dan asos lada hitam selama bulan Mei. Namun jika ada permintaan dari pengunjung kami siap melayani,” pungkas perempuan yang mengakui akan keramahan masyarakat Surabaya ini.

Hotel Santika Surabaya
Jl. Pandegiling No. 45, Raya Darmo Surabaya
(62-31) 5667707 | www.santika.com

naskah : dhimas p. | foto : dok