Liburan di depan mata. Berbagai rencana disiapkan agar penat berbulan-bulan hilang. Ya, ini saatnya jalan-jalan. Yakin, rencana Anda sudah matang? Jika tidak, cobalah belajar pada para travel photographer dan professional blogger yang blognya bertebaran di dunia maya. Sebagian dari mereka, sudah kenyang dengan perjalanan panjang mengelilingi dunia. Dari tips mereka, kami coba merangkum khusus untuk Anda. Apa saja?

Cobalah untuk fleksibel
Ya, kita mungkin sudah merencanakan semua dengan matang. Bisa jadi, semua tak sesuai keinginan. Jadwal penerbangan tertunda, sarana transportasi tak memadai. Jangan buru-buru kecewa. Ingat, kesabaran adalah hal yang sangat penting saat traveling.

Buat Daftar
Buat daftar, buat rencana. Apa yang akan Anda lakukan? Anda tentu tak ingin kehilangan sesuatu, yang siapa tahu jadi hal yang sangat penting. Misal, saat packing. Apa saja yang dibawa?

Pahami Istilah Lokal
Berkunjung di sebuah tempat, tentu bukan semata persoalan pantai, gunung, bahkan desa. Tapi kita akan berinteraksi dengan banyak orang. Mempelajari adat dan kebiasaan masyarakat lokal tentu sangat penting. Karena tak jarang, mereka sama sekali tak paham bahasa kita.

Baterai Ekstra
Melihat pemandangan yang indah, lalu ingin mengabadikannya. Tapi, astaga, baterai habis. Tak ada listrik untuk men-charge. Jadi, apa yang kita pelajari. Ya, bawa baterai ekstra. Baik untuk handphone, atau kamera.

Bawa Sarung
Ini tips traveler bule. Bayangkan. Tapi, percayalah, ini sangat masuk akal. Saat masuk kawasan wisata yang dingin luar biasa, sarung sangat membantu.

Fotokopi Dokumen Penting
Simpan fotokopi KTP, paspor, SIM, lalu simpan di tempat yang aman. Saat tertentu, semoga saja tidak terjadi, saat dokumen ini hilang, Anda masih punya senjata cadangan.

Cari Data Harga
Mulai dari tarif angkutan umum, hotel, makan, dan lain-lain. Hei, ini jaman internet kan? Masih bertanya, dari mana kita memperoleh daftar harga itu.

Simpan Alamat Hotel
Catat di ponsel, tentu. Lalu data nomor kamar, nomor telepon hotel. (edo k | foto : nguyen tran unsplash)