Kampung Unggulan Kerupuk adalah salah satu kampung unggulan yang terletak di Surabaya yang berada di Jalan Gunung Anyar Tambak 1 no.63. Awal mula kampung kerupuk ini sudah berdiri sejak tahun 1986 yang dikelola oleh penduduk sekitar.

Sebuah industri rumahan yang bisa dikatakan sebagai tradisi turun temurun. Kemudian mulai berkembang sejak tahun 2010, dibantu Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Surabaya dan diketuai warga setempat, Inayah.

Kampung tersebut mengelola berbagai hasil perikanan menjadi olahan kerupuk dengan berbagai macam rasa yang berbeda namun tetap gurih. Di antaranya terdapat Kerupuk Ikan, Kerupuk Udang, Kerupuk Sayur, Kerupuk Buah, dan masih banyak lagi. Bahan perikanan didapat dari kawasan mangrove yang lokasinya tidak jauh dari kampung ini.

Produk industri rumahan ini sudah mendapat jaminan sertifikasi halal. Tanpa mengandung bahan pengawet maupun bahan berbahaya lainnya. Harga kerupuk yang ditawarkan juga beragam yakni berkisaran antara Rp 20.000 – Rp 60.000 per sachet. Namun yang membedakan adalah jumlah nominal yang melekat pada kerupuk. Semakin tinggi harganya maka cita rasa dari kerupuk ini semakin enak dan gurih.

Mayoritas dari penduduk sekitar adalah produsen kerupuk. Maka Inayah selaku ketua membentuk satu kelompok yang beranggotakan 10 orang untuk menangani proses produksi. Kemudian mereka membuat merek sendiri yang bernama Pamurbaya. Nama tersebut merupakan singkatan dari Pantai Timur Surabaya.

Produk dari kampung unggulan tersebut sudah  terjual di berbagai daerah seperti Surabaya, Madura, Sidoarjo, Malang, Jogja, dan Jakarta. “Yang paling sering dibeli itu kerupuk ikan Payus. Karena rasanya yang gurih dan memiliki cita rasa yang khas”, ujarnya.

naskah | foto: herwin widodo