Jelang libur lebaran tahun ini, kawasan wisata Papuma terus mempercantik diri. “Kami sudah melakukan pembenahan, baik sarana maupun prasarana, seperti perbaikan jalan dan jembatan, perbaikan fasilitas umum seperti toilet, tempat bilas, hingga shelter,” jelas Berthus Sudarmeidi, General Manager Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur.

Dikatakan, persiapan ini tidak hanya di Papuma, tapi juga kawasan wisata lain yang pengelolaannya ada di bawah KBM Ecotourism Perhutani Jatim.

“Saat ini KBM mengelola wisata hutan Jawa Timur di tiga kawasan. Di masing-masing tempat wisata ini, KBM Ecotourism juga mengembangkan layanan akomodasi dengan konsep resort keluarga,” papar Berthus.

Kawasan ini, lanjutnya, dibagi dalam tiga cluster. Yaitu Cluster Papuma, Padusan, dan Tretes. Jika Cluster Papuma meliputi Pantai Pasir Putih Papuma dan pondok wisata, Cluster Padusan meliputi Kolam Renang dan Pemandian Air Panas dan Pondok Wisata Padusan. Sementara Cluster Tretes meliputi Air Terjun Kakek Bodo, Air Terjun Putuk Truno, dan Pondok Wisata Tretes Foresta.

“Belajar dari tahun lalu, memasuki musim mudik, kunjungan wisatawan di tempat kami biasanya naik hingga 200 persen di banding hari biasa,” jelas Berthus.

Untuk itu, di luar persiapan yang sudah disebutkan, pihaknya juga melakukan penataan pada kios-kios wisata, peningkatan kualitas pondok wisata, penambahan daya tarik baru dan tidak kalah pentingnya menjalin koordinasi dengan pihak muspika guna melakukan pengamanan dan keselataman pengunjung dan tentunya dengan pihak penjamin asuransi.

“Persiapan yang kami lakukan tidak hanya untuk libur lebaran saja tapi juga menyambut liburan sekolah yang waktunya lebih panjang,” kata Berthus lagi.

foto : wisatahutan.com