Konsistensi Rasa Kedai Es Krim Legenda


Melintas di tengah Kota Pahlawan, kita akan bertemu gerai es krim kuno yang bangunannya memiliki arsitekstur khas Belanda. Ya, nama dari kedai es krim ini adalah Zangrandi. Kedai Es Krim Zangrandi berdiri megah sejak tahun 1930. Pendirinya lelaki berdarah Italia bernama Roberto Zangrandi. Nama kedai es krim ini diambil dari nama belakang dari sang pendiri.

Kedai es krim Zangrandi memiliki lokasi yang sangat strategis. Di jalan Yos Sudarso 15, tepat diseberang Gedung Simpangsche Societeit, sebuah tempat yang biasanya digunakan kaum sosialita asing untuk berpesta, berdansa, dan mendengarkan musik. Kini, Simpangsche Societeit dikenal sebagai Balai Pemuda.

Saat itu, es krim Zangrandi biasa dinikmati oleh orang-orang Belanda yang memiliki status sosial menengah ke atas. Kebetulan, orang Belanda sangat menjamur pada masa itu. Maklum, pada masa itu, Belanda sedang berkuasa di bumi Nusantara.

Seiring berjalannya waktu, sempat terjadi konflik di kedai ini. Pada 1960, sang pendiri hengkang dan kembali ke negara asalnya. Akhirnya kedai es krim Zangrandi dibeli oleh orang asli Indonesia yang bernama Hadi Tanumulia. Masa-masa peralihan kepemilikan membuat kejayaan kedai es krim Zangrandi mengalami guncangan.

Tapi tak butuh waktu lama bagi pengelola kedai Zangrandi untuk bangkit dari keterpurukan. Kedai es krim Zangrandi terus berkembang. Dari yang awalnya hanya menjual menu es krim rasa rum dan soda es krim, mereka terus melakukan inovasi dari waktu ke waktu. Dengan tetap menonjolkan tekstur es krim yang kasar, dan rasa buah yang kental membuat es krim Zangrandi berbeda dengan es krim lainnya.

Walaupun menu es krim terus berkembang dan berinovasi, namun cita rasa es krim Zangrandi sejak tahun 1930 tetap sama. Resep rahasia yang digunakan juga masih sama hingga kepemilikan kedai es krim Zangrandi menginjak generasi yang ketiga.

Kini kedai es krim Zangrandi semakin berkembang dengan membuka beberapa cabang di sudut-sudut kota Surabaya, antara lain di Atom, Galaxy Mall, bahkan di tempat nongkrong kekinian yaitu Surabaya Town Square.

Melegenda dan konsisten, itulah julukan bagi kedai es krim Zangrandi. Es krim ini mampu bertahan dan tetap berdiri kokoh mempertahankan cita rasa kuno diantara banyaknya pesaing es krim modern lainnya.
“Kedai Zangrandi sering dijadikan tempat untuk reuni. Biasanya yang melakukan reuni adalah mereka yang sejak kecil sering menikmati es krim Zangrandi. Sehingga sekarang saat mereka menginjak usia senja, kedai es krim Zangrandi tetap menjadi andalan yang abadi dan tidak pernah berubah, jelas Isti Aningsih, Supervisor Kedai Es Krim Zangrandi.

Para pelanggan setia juga memperkenalkan betapa nikmatnya es krim Zangrandi kepada anak cucu mereka. Sehingga kedai es krim Zangrandi diminati oleh semua kalangan secara turun temurun, mulai dari anak kecil sampai usia senja.

“Semoga kedai es krim Zangrandi dapat terus berkembang dan mempertahankan cita rasa kunonya, karena banyak pelanggan dari berbagai kalangan yang mengharapkan kedai es krim Zangrandi tetap beridir dan berkembang,” harap Simon Christian, Staff Manager Kedai Es Krim Zangrandi. (vincentia damara p, raissa noverine)