Jalan-jalan di Lumajang, jangan lupa mampir di Pemandian Alam Selokambang. Tempat wisata yang manawarkan kesejukan dan keindahan alam nan asri ini terletak di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, atau 7 kilometer arah barat dari Kota Lumajang.

Air yang ada di pemandian ini terasa dingin dan segar. Karena berasal dari sumber mata air Selokambang yang debet airnya mencapai 1.350 meter kubik per detik. Sumber di lokasi pemandian ini mengatakan, sumber air ini juga dimanfaatkan perusahaan daerah air minum (PDAM) setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Kolam renang yang ada di sini terbagi menjadi satu kolam induk dengan luas kurang lebih 1.000 meter persegi, ditambah beberapa petak kolam renang khusus untuk anak-anak, kolam pancing, fasilitas bermain, dan sarana olahraga. Bisa dimaklumi jika saat liburan tiba, Pemandian Alam Selokambang ramai dipadati wisatawan.

Seiring waktu, Pemkab Lumajang terus berbenah dengan menambah sarana baru di lokasi wisata. Seperti wahana dayung, bebek air, dan gazebo di tengah danau.

foto : dok lumajang.go.id