Agar tak biasa dengan sajian kuliner lontong yang biasa, coba saja dengan beberapa menu lontong yang disajikan dengan beragam makanan berselera. Seperti yang ada di Hotel Ibis Surabaya. Lontong sebagai menu makanan yang menjadi khas Indonesia, dan terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang dan direbus dalam air selama beberapa jam, coba dkombinasikan dengan beberapa menu pelengkap lainnya.

Berbagai kreasi lontong dengan beberapa menu pelengkap disajikan, sebanyak enam menu spesial khas indonesia menjadi daftar menu utama dipengunjung bulan September ini. beberapa menu seperti lontong Cap Gomeh, disajikan dengan opor ayam dan berbagai sayuran yang cukup membuat selera makan makin bertambah, lontong kari seafood juga ditawarkan dengan bermacam aneka seafood seperti ikan, udang dan cumi.

Di sepanjang bulan September 2012 hotel Ibis kembali mengadakan event dengan tema “Festival Lontong”, kegiatan ini juga dilakukan di seluruh Hotel Ibis yang ada di Indonesia dengan para chef andalan yang menjadi ciri khas semua Hotel Ibis. Di Festival Lontong ini, pengunjung juga akan menjumpai menu alternatif yaitu lontong kebab sapi. Sebutan kebab mungkin sangat identik dengan masakan khas timur tengah, namun yang membuat beda adalah dari semua masakan Festival Lontong ini mayoritas diolah dengan bumbu – bumbu asli dari Indonesia. Pilihan menu lain yang ditawarkan diantaranya lontong sate klapa, disajikan dengan semangkuk sayur labu, sate ayam bumbu serundeng dengam sambal terasi dan emping.

Selain itu ada lontong tahu yang disajikan dengan potongan tahu goreng, tauge, daun bawang, kemangi, bumbu kacang, jeruk limau dan anekan bumbu tradisional semakin membuat sensasi rasa dan keanekaragaman variasi menu yang ditawarkan. Tema lontong yang dipilih di event bulan September ini, diharapkan dapat mengangkat kuliner Indonesia agar lebih banyak dikenal di berbagai Negara. Dengan cara memadukan kreasi lontong dengan berbagai kuliner dunia mulai Arab, China, Western dan dalam negeri.

naskah dan foto: farid rusly