Menghadapi krisis ekonomi, Pasar Seni Lukis Indonesia 2015 tetap optimis diselenggarakan. Acara yang dimonitori oleh Sanggar Merah Putih ini, dijadwalkan mulai tanggal 2 sampai 11 Oktober 2015, di JX International Jalan A. Yani 99 Surabaya.

Selain pameran lukisan, acara juga dimaksudkan sebagai ajang pertemuan pelukis, kolektor, galeri, dan masyarakat pecinta seni Indonesia.

Sebanyak 212 pelukis dari 168 stand pameran dari seluruh Indonesia, tampak antusias memamerkan hasil karyanya. Mulai dari lukisan yang bercerita tentang kehidupan manusia, sampai keindahan alam.

Ditahun kedelapan ini, Sanggar Merah Putih berharap penjualan meningkat dari tahun sebelumnya. “Disituasi yang kritis ekonomi, tetap optimis 2,7 milyar tahun lalu, tahun ini ditargetkan 3,5 milyar transaksi,” tutur M. Anis, Ketua Sanggar Merah Putih.

Dibuka bersama oleh Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, acara ini jyga dimeriahkan dengan workshop seni lukis Indonesia pada tanggal 6-8 Oktober. Serta acara lain, seperti Talkshow (8/10), Seminar (9/10), dan sarasehan Pasar Seni Lukis Indonesia (10/10).

naskah pipit maulidiya | foto : rangga yudhistira