RS Adi Husada Undaan Wetan merayakan Hari Pelanggan Nasional dengan menggelar serangkaian acara selama satu minggu sejak 31 Agustus hingga 5 September 2009.

Menurut dr. Edhy Listiyo, MARS, Direktur RS Adi Husada Undaan Wetan, acara ini diadakan sebagai apresiasi terhadap pelanggan, karena pelanggan sangat penting bagi RS Adi Husada Undaan Wetan. Lebih lanjut, dokter yang biasa dipanggil Edhy ini menyebutkan, bahwa acara peringatan hari pelanggan yang dilaksanakan selama seminggu ini adalah yang pertama kali diadakan oleh pihak mereka.

”Sebelumnya sih ada, tapi kecil-kecilan, mungkin cuma acara khusus di tanggal empatnya. Kalau yang besar selama seminggu ini, baru kali ini diadakan,” ujarnya. Hal ini pun diutarakan pula oleh dr. Anang Pitoyo selaku ketua panitia. ”Karena pelanggan itu sangat penting bagi rumah sakit, maka diadakan acara dalam waktu yang lebih lama, untuk mengapresiasi mereka,” ujar pria berusia 45 tahun ini.

Selama seminggu, RS Adi Husada Undaan Wetan menyelenggarakan beragam acara dan pemeriksaan gratis. Tanggal 31 Agustus 2009, diadakan pencanangan pekan pelanggan oleh direktur, pencanangan 3S (Senyum, Salam, Sapa untuk pelanggan), dan seminar intern untuk seluruh staff dan pegawai RS Adi Husada Undaan Wetan. Dalam seminar tersebut, dibahas mengenai mengenali para pelanggan dan memperlakukan pelanggan sebaik mungkin. Dr. Edhy menyebu, setidaknya ada tiga pelanggan bagi Rumah Sakit.

”Yang pertama, pelanggan internal, yaitu pegawai, kedua intermediate, yaitu para supplier obat, dokter tamu, dan sebagainya. Sementara pelanggan ketiga adalah pelanggan eksternal, yaitu para pasien, keluarga dan teman-teman pasien, dan masyarakat sekitar.” Dengan mengangkat tema ”Senyummu Harapanku”, RS Adi Husada Undaan Wetan bermaksud menjalankannya dari sisi pasien dan para pegawai. ”Kalau para pegawai tersenyum, itu akan menciptakan rasa nyaman bagi pelanggan, dan pelanggan merasa dihargai. Sementara, kalau pelanggan dan pasien tersenyum, itu juga tanda mereka senang, puas, dan merasa nyaman selama berobat, atau melakukan berbagai transaksi di RS Adi Husada Wetan,” ujar dr Anang lebih lanjut.

Sementara di hari kedua, tanggal 1 September 2009, diadakan pemeriksaan gula darah dan hipertensi. Hari ketiga diadakan pemeriksaan tulang keropos (osteoporosis), hari keempat pemeriksaan gizi. Semua pemeriksaan tersebut gratis dan siapa pun boleh memeriksakan kondisinya, baik pasien, pegawai, bahkan masyarakat yang kebetulan lewat pun diperbolehkan melakukan pemeriksaan gratis ini. Hari kelima, tepat di tanggal 4 September 2009 yang merupakan hari pelanggan nasional, RS Adi Husada Undaan Wean memberikan kenang-kenangan kepada seluruh pasien rawat jalan dan inap sebagai tanda terimakasih karena telah mempercayakan perawatan mereka kepada RS Adi Husada Wetan. Dan di hari terakhir, akan diadakan pemilihan karyawan dan karyawati terfavorit dan terbaik versi para pelanggan. Rangkaian kegiatan ini diadakan dengan berbagai tujuan yang ingin dicapai.

Dr. Edhy memaparkan pada East Java Traveler, acara ini bertujuan agar para pegawai RS sendiri tidak jemu, bisa secara tulus memberikan senyum dan layanan kepada para pelanggan, agar para pelanggan khususnya intermediate dan ekstern merasa puas dan nyaman, dan akhirnya, tiap kali mereka butuh layanan pengobatan, para pelanggan akan segera memilih RS Adi Husada Undaan Wetan ini.

naskah dan foto : eva tardida