Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar Festival Tari Remo dan Tari Yosakoi Jepang di Taman Surya Surabaya, Minggu, 8 Juli 2018, pukul 07.00 WIB hingga selesai.

Seperti dikatakan Kepala Sie Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Heri Purwadi, festival tahunan ini bakal diikuti beberapa sanggar tari di Surabaya dengan total peserta mencapai 500 orang.

“Peserta tahun ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 43 grup (1 grup 10 orang), tahun ini ada 53 grup,” ujarnya melalui rilis, Jumat (6/7).

Dikatakannya, festival ini diadakan guna melihat seberapa jauh perkembangan tari Remo di masyarakat sekaligus untuk melestarikan budaya dan menjadi salah satu bagian hubbungan kerja sama Surabaya dengan Jepang. “Tahun lalu seluruh peserta tampil di ruang terbuka, tahun ini diberi tambahan tenda. Ibu Wali Kota Risma yang meminta diberi tenda agar anak-anak tidak kepanasan,” tuturnya.

Ia berharap, festival ini akan menambah wawasan warga Surabaya terhadap berbagai macam tarian dari negara lain. “Festival ini juga bis menjadi ajang transfer ilmu dan pengetahuan bagi pelaku seni,” ungkapnya. (sumber : jatimprov.go.id)