Di awal tahun 2010, Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) kembali menggelar pameran foto. Kali ini tema yang diangkat Perahu Layar Nusantara (Jawa Timur dan Madura). Pameran yang digelar sepanjang 20 Januari hingga 5 Februari 2010 ini menghadirkan 40 foto karya Paul Piollet.

Acara pameran foto ini merupakan rangkaian dari pameran foto yang bertemakan ”Bertemu Pandang Di Lautan”. Selain berlangsung di Galeri CCCL pameran foto bertajuk ”Perahu Khas Marseille” karya fotografer Patrix Box rencananya juga akan di pamerkan di galeri House Of Sampoerna pada tanggal 21 Januari 2010 mendatang.

Pameran foto ini bertujuan untuk mengangkat kembali tradisi masyarakat maritim Indonesia yang mulai beralih ke era teknologi dari perahu tradisonal. ”Di sini saya mencoba untuk mengungkap kembali sejarah pelayaran di Nusantara selain Jawa Timur dan Madura yang digunakan untuk transportasi laut dan menangkap ikan,” kata Paul Piollet.

Kehidupan nelayan saat ini sangat jauh berbeda dengan kehidupan di era 70’ hingga 80’ an. Laut Jawa dan Madura pada tahun 70’an sangat alami, seperti nampak pada foto Paul yang menggambarkan suasana sungai kalimas dengan ramainya perahu layar dan perahu phinisi. Hal itulah yang mendasari Paul Piollet mendokumentasikannya.”Saya rasa inilah yang menandai berakhirnya era kapal layar tersebut, saya juga menyayangkan kehadiran motorisasi di perahu layar setelah tahun 80’- an ini,” ujarnya.

”Foto foto perahu layar itu merupakan hasil dokumentasi beliau di Indonesia pada tahun 1970 – hingga 1980’an, namun di situ ada perbedaan yang mendasar dengan jenis perahu layar yang ada di Marseille,”papar Ina Silas General Manager House Of Sampoerna.

Tak hanya pameran foto saja. ”Diskusi bersama tim Maritime Challenge – ITS juga akan kami gelar pada hari jumat 22 Januari 2010 mendatang pada pukul 18.00 WIB di galeri Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL),” imbuh Pramenda Krishna Atase pers CCCL.

naskah dan foto : dhimas prasaja