Pesona Kerajinan Kulit Kerang


Di tangan para nelayan ini, kerang disulap menjadi kerajinan tangan yang menarik dan berguna. Mereka adalah sekelompok nelayan yang beranggotakan lima orang. Sudah satu tahun ini, mereka membuat kerajinan dari kulit kerang. Jadi selain mengolah daging kerang sebagai bahan pembuatan kerupuk, rumah-nya juga digunakan sebagai materi kerajinan. Jadi, tak ada yang terbuang.

Untuk membuat kerajinan kulit kerang, kelompok nelayan ini menggunakan jenis kerang slimping. Kulit kerang ini dibuat menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang menarik. Ada yang dibentuk menjadi tempat tissue, tempat lampu, vas bunga, hiasan rumah, piring dengan hiasan kaligrafi, dan miniatur perahu.

Bentuk hiasan rumah yang terbuat dari kulit kerang ini memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk binatang seperti tupai, angsa dan masih banyak lainnya.

Untuk membuat kerajinan dari kulit kerang dibutuhkan kesabaran cukup tinggi. Karena untuk membuat, kita harus menempel rumah kerang satu-persatu lalu dipotong sesuai bentuk yang diinginkan. Setelah itu baru dibentuk sesuai keinginan.

“Untuk membuat lampu dinding dari kulit kerang ini dibutuhkan kurang lebih seratus lempengan kulit kerang,” ujar Lia Kusumawati, salah satu anggota kelompok nelayan yang ditemui EastJava Traveler di sebuah pameran handicraft beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk proses membuat kerajinan kulit kerang berbentuk lampu, lanjutnya, makan waktu sekitar satu bulan. “Kerajinan kulit kerang ini tidak memakai pewarna, jadi asli dari warna kulit kerang sendiri,” tambah Lia.

Harga yang dipatok oleh kelompok nelayan untuk kerajinan kulit kerang ini berkisar Rp 5000 sampai Rp 5 juta. Misalnya kerajinan kulit kerang berbentuk perahu dengan ukuran besar.

“Teknik pembuatan kerajinan kulit kerang ini kami dapat secara otodidak. Jadi sebagian besar hasil kreasi pribadi,” imbuh perempuan berumur 21 tahun ini.

Menurutnya lagi, pembeli kerajinan kerang ini paling banyak dari Jakarta. Sedangkan yang paling laku, kerajinan berbentuk lampu.

Jika Anda juga ingin memiliki kerajinan kulit kerang yang dibuat oleh kelompok nelayan ini, coba datang ke Koperasi Gresik Greges Barat. Karena kelompok nelayan ini menjual dan memajang hasil kreasi mereka di sana.

naskah dan foto : arista