pameran ifi03Institute Français Indonesia (IFI) kembali mengadakan kegiatan budaya ilmiah Fête de la Science (Pesta Sains 2015). Acara yang dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa ini, akan berlangsung diseluruh jaringan Prancis di Indonesia. Diantaranya Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Jombang, Malang, Makasar, Medan, dan Bali, mulai bulan Agustus sampai September 2015.

Tema Perubahan Iklim dipilih untuk menyambut persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), iklim ‘Paris Climat’ 2015 atau COP (Conference of the Parties), yang digelar mulai 30 November-11 Desember 2015 di Paris.

pameran ifi01Acara utama Pesta Sains di Surabaya, dibuka dengan pameran interaktif berbahasa Indonesia dengan tema “Iklim Berubah, dan Kita?”, oleh Espace Mendes-France (baca : espas mendes frangs), sebuah pusat sains, teknik, dan industri dari Prancis. Pameran tersebut akan menunjukkan proses perubahan iklim melalui panel, video, maket, dan alat peraga dibawah arahan pakar sain di galeri AJBS Surabaya, 29 Agustus – 12 September.

Dengan Pesta Sains skala nasional ini, diharapkan agar anak-anak muda Indonesia sadar terhadap aktualitas sains Internasional. “Dengan pameran ini, kami mengajak generasi muda untuk membantu, dengan memahami fenomena yang ada, yang kemudian bisa mengubah tindakan mereka,” ujar Veronique Mathelin, Direktur IFI Surabaya.

Pameran ini bisa dinikmati pada hari Senin-Jum’at dan gratis. Untuk jam pengunjung dibedakan berdasarkan golongan, untuk grup pelajar pukul 09.00, 10.00, 11.00, dan 13.00 sedangkan mahasiswa atau umum pukul 14.00-19.00, dan Sabtu pukul 10.00-15.00.

naskah : pipit maulidiya | foto : rangga yudhistira