STUNNING EAST JAVA|Thursday, April 24, 2014
  • GO STUNNING

Probolinggo Juarai Festival Makanan Khas Jatim 2009 

Grand Final Festival Makanan Khas Jawa Timur 2009 digelar di Bukit Darmo Golf, 19 Juni lalu. Event ini dihadiri sepuluh peserta dari kabupaten/kota di Jawa Timur. Semuanya merupakan peserta yang lolos seleksi di Batu dan Sidorjo bulan lalu.

Dari sepuluh peserta, juri menetapkan lima rumah makan sebagai juara. Juara 1, 2 dan 3 diraih oleh Resto Tongas Asri, Probolinggo, Café Wijaya Kusuma Sooko, Mojokerto dan rumah makan Pak Dje, Sampang. Sedangkan, juara harapan 1 dan 2 direbut RM Tunas Boga, Madiun dan RM Kurnia Dewi, Tuban.

Prapti selaku kepala sekolah SMK PGRI Sooko, mengaku menyajikan menu yang berbahan dasar ketela. Seperti nasi brongkos, salah satu hidangan andalan yang disajikan bersama urap dan nasi telo. Café WK yang dikelola siswa SMK asal Mojokerto merebut juara II dalam grand final malam itu.

Resto Tongas Asri dari kabupaten Probolinggo dinyatakan sebagai juara I. Rumah makan ini meyajikan delapan menu khas probolinggo yang berbahan dasar ikan laut. “Probolinggo terkenal dengan hasil lautnya. Makanan ini berasal dari bahan dasar ikan laut, terutama lobster”, jelas Anjar Nurmala, tim resto Tongas Asri.

Untuk juara I dan II mendapatkan uang tunai senilai Rp 3 dan 2,5 juta. Sedangkan juara III mendapatkan hadiah Rp 2 juta. Selain uang tunai, semua pemenang berhak membawa pulang trofi dari Dinas Pariwisata Jawa Timur.

naskah : ella | foto : dhimas

ARTIKEL PILIHAN LAINNYA

Add a Comment