Setelah lima kali perhelatan, tahun ini Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) kembali digelar. Jika lokasi event yang diadakan sejak tahun 2008 ini sebelumnya di Balai Pemuda, tahun ini PSLI akan hadir di JX International Surabaya.

Rencananya even yang akan dibuka oleh Gubernur Jatim Soekarwo pada 3 Mei 2013 pukul 16.00 ini akan menghadirkan 240 pelukis dari seluruh indonesia. Total tempat yang disediakan sebanyak 190 stand untuk memamerkan karya-karya terbaik mereka. “Tingginya animo pelukis tahun ini dikarenakan Jatim khususnya Surabaya telah dianggap sebagai pasar potensial bagi kemajuan industri properti seperti ini,” ujar M Anis, Ketua Panitia PSLI 2013.

Menurut Direktur Sanggar Merah Putih itu, PSLI 2013 akan memantabkan peluang ekonomi kreatif yang berhasil diciptakan selama lima tahun ini. “Tahun lalu saja total omzet penjualan lukisan mencapai Rp 1,9 miliar. Tahun ini kami coba targetkan akan tembus sampai Rp 2,5 miliar,” ujar Pimpinan Redaksi situs Kemenpora itu.

Rencananya tahun ini rangkaian PSLI akan dimarakkan dengan berbagai acara. Mulai dari berbagai macam suguhan pertunjukan seni gratis, hingga yang paling menarik akan digelar Pameran Tunggal Berdua karya dua pelukis senior Jatim, Dwijo Sukamto dan Makhfoed yang dibuka Menteri BUMN Dahlan Iskan pada Minggu, 5 Mei 2013.

Bekerjasama dengan Percasi Jatim pimpinan Henky Kurniadi dan Wartawan Berpikir Olahraga, Menpora Roy Suryo juga akan turut hadir dalam acara sillaturahmi Seni Berpikir. Ia juga dijadwalkan akan menyerahkan hadiah pemenang lomba lukis catur yang berhadiah total Rp 12,5 juta, pada Senin, 6 Mei 2013. Yang membuat perbedaan pada even tahun lalu, selain lokasi yaitu pada kualitas lukisan dari para pelukis yang akan hadir semakin meningkat tahun ini. Dari segi peraturan juga akan memberi kebebasan dan tidak ada batasan apapun untuk karya yang akan dipamerkan.

naskah/foto : farid rusly