Menyelam sambil minum air, itulah sekilas gambaran yang dilakukan para pemilik mobil Mercedes-Benz Boxer yang tergabung dalam Mercedes-Benz Boxer Club Indonesia regional Surabaya (MBCI-05). Minggu lalu komunitas ini mengadakan touring bertema Fivers Adventure and Charity 2013. Dalam kegiatannya, selain peserta diajak untuk mengenal dan mengembangkan potensi wisata Jawa timur, mereka juga melakukan kegiatan bakti sosial.

Kota Blitar adalah yang menjadi jujukan mereka. Bulan Juni menjadi pertimbangan penting untuk mengunjungi kota di mana Sang Proklamator Indonesia Soekarno dimakamkan di Blitar. Karena bulan Juni menjadi agenda bulan yang dicanangkan oleh pemerintahan setempat sebagai Bulan Bung Karno. Pasalnya pada bulan Juni, banyak catatan sejarah kemerdekaan Indonesia, seperti kelahiran pancasila dan kelahiran Bung Karno yang jatuh pada bulan ini juga.

Berawal dari ide salah satu anggota yang secara spontan keluar ketika melakukan touring di Jogja satu bulan lalu. Yaitu mengadakan touring keluarga sekaligus liburan dan penggalangan dana untuk kegiatan bakti sosial. Acara yang diselenggarakan dua hari mulai tanggal 1-2 Juni ini, mendapat apresiasi bagus oleh beberapa pihak salah satunya adalah pemerintah kota Blita, para donatur, dan anggota MBCI-05. Diketuai oleh Bayu, salah satu anggota MBCI-05 acara ini mampu menarik minat sebagian besar anggota. Dan termasuk acara regional MBCI-05 dengan peserta terbanyak saat ini. “Dari 130 anggota hampir separonya ikut. Ada yang bawa mobil sendiri ada yang gabung sama anggota lain.” Erwin (43), salah satu PIC even ini.

Perjalanan “Fivers Adventure and Charity 2013” dimulai dari rest area pintu keluar tol Sidoarjo. Disana para peserta berkumpul sekaligus persiapan sebelum melaju dijalanan. Setelah itu para rombongan langsung menuju kota Malang untuk makan siang. Dan dilanjut kunjungan ke tempat wisata Karang Kates Malang. Disini para peserta yang ikut diberikan waktu 45 menit untuk sekedar merileksasikan diri sebelum berlanjut ke destinasi sebelumnya.

Dari Karang Kates, rombongan digiring menuju ke salah satu perkebunan kopi dan peternakan sapi perah di kecamatan Talun, kabupaten Blitar. Suasana yang sejuk ditambah aktifitas petani dan peternak sapi perah menjadi sensasi tersendiri bagi para peserta kali ini. Beranjak sore, para rombongan bergegas ke hotel yang sudah disediakan untuk beristirahat sejenak.

Malamnya, sebagai acara puncak “Fivers Adventure and Charity 2013”. Para peserta menghadiri undangan penjamuan makan malam oleh Bupati Blitar. Dan sekaligus pemberian secara simbolik bakti sosial kepada yayasan yatim piatu Insani Madani. Keesokan harinya, yang menjadi wajib ketika berkunjung ke kota Blitar adalah mengunjungi makam dan museum bung Karno. Disini peserta mengenang bagaimana sosok bung Karno dan perjuangan merebut kemerdekaan.

Sebagai penutup acara ini, keindahaan dan misteri gunung Kelud menjadi destinasi yang dikunjungi oleh peserta. Terowongan Amperam sepanjang 110 m, pemandian air pana serta pemandangan anak gunung Kelud. Mengisahkan cerita lain para peserta dalam mengisi akhir pekannya.

naskah/foto : budi irawan (indonesiaimages.net)