Warga Kota Beradu di Rumpun Bambu


Siapa sangka, hutan bambu ini dulunya tempat pembuangan sampah yang kumuh dan bau. Bersamaan dengan program pengembangan taman kota, hutan ini dibangun melengkapi Taman Sakura atau Taman Harmoni Keputih, Surabaya,

Taman ini terletak di sisi timur Kampus Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS), tepatnya di Jl Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo.

Meski belum seramai taman kota lain di Surabaya, Taman Harmoni cukup mengundang perhatian karena keberadaan hutan bambu. “Hutan bambunya memang tidak terlalu lebat. Tapi bagus,” kata Setyanto Aji, 44 tahun, warga Surabaya. Hari itu, ia datang bersama anak dan istrinya mengisi hari libur.

“Kami datang naik sepeda bareng-bareng,” katanya. Kebetulan, lanjut Setyanto, Taman Sakura Keputih dilengkapi lahan parkir yang cukup memadai. Setidaknya bisa menampung kendaraan roda empat, motor, dan sepeda.

Selain diminati warga yang ingin jalan-jalan, hutan bambu dan Taman Sakura juga diminati hobiis fotografi. Bahkan, ada juga yang datang untuk membuat foto prewedding.

Hutan bambu berada di sisi depan kompleks taman. Sementara Taman Harmoni berada di sisi dalam, tertutup rumpunan bambu yang lebat dan hijau.

Seperti taman kota Surabaya yang lain, Taman Harmoni Keputih juga diperkaya dengan aneka jenis bunga dan pepohonan. Di luar itu, ada juga sarana bermain anak-anak yang bisa digunakan secara cuma-cuma.

naskah dan foto : hendro d. laksono

ARTIKEL PILIHAN LAINNYA