Institut Francais Indonesia (IFI) telah menyelenggarakan sebuah festival sains dengan skala nasional yang bernama “Pesta Sains”. Acara ini diadakan untuk mengenalkan budaya tentang sains kepada semua orang, khususnya anak-anak muda dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terhadap dunia sains. Pesta Sains akan berlangsung pada tanggal 1-11 September 2014 di Galeri AJBS Surabaya. Setelah dari Surabaya pameran ini akan singgah di beberapa kota lainnya seperti Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Singapura, dan Bangkok.

Acara ini untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia. Alasan memilih Indonesia karena memiliki pusat pengamatan tentang gunung berapi dan meteorologi yang tercanggih di dunia. Selain itu juga tepat memperingati 10 tahun bencana tsunami di Aceh pada Desember 2004 silam.

La resonance des batiments et des solsPesta sains sendiri merupakan acara tahunan di Prancis pada musim gugur sejak tahun 1991. Acara ini diprakarsai oleh Kementrian Pendidikan Tinggi dan Riset Prancis guna mempertemukan antara komunitas sains dengan masyarakat.

Pameran ini bisa dinikmati pada hari Senin-Jum’at dan gratis. Untuk jam pengunjung dibedakan berdasarkan golongan, untuk SD-SMA pukul 10.00-14.00 sedangkan mahasiswa/umum pukul 15.00-19.00.

Terdapat berbagai macam galeri di tempat ini, seperti alat peraga interaktif, video, kesaksian korban-korban gempa dan tsunami, dan audio yang menggunakan headphone. Namun diantara benda-benda yang dipamerkan terdapat satu benda yang cukup menarik, yakni “La resonance des batiments et des sols”. Alat ini memperagakan sebuah gedung tinggi yang tenang. Namun ketika anda menekan salah satu tombol maka gedung akan goyang seperti terjadi gempa.

naskah | foto : herwin widodo