Secara geografis, Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan. Hal ini bisa terlihat dengan adanya garis pantai di hampir setiap pulau di Indonesia (± 81.000 km) yang menjadikan Indonesia menempati urutan kedua setelah Kanada, menjadikannya negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Kekuatan inilah yang merupakan potensi besar untuk memajukan perekonomian Indonesia.

Kali ini, eastjavatraveler.com ingin berbagai informasi terkait pesona wisata pantai di Jawa Timur yang layak untuk Anda kunjungi bareng keluarga di penghujung tahun ini.

Pantai Bama

5 Pantai Pilihan_BamaMenikmati keindahan pantai utara Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Situbondo ini seakan tak dapat dihabiskan dalam waktu satu hingga dua hari. Debur ombak dengan bibir putih pantainya, serta deretan bukit menggapai cakrawala menjadikan lanskap indah yang tak dapat dilupakan kala melewati jalur pantai utara di propinsi paling timur dari Pulau Jawa ini.

Keindahan bahari yang ditawarkan menawan hati untuk mampir ke tanah cagar alam Kabupaten Situbondo. Ya, sebuah pantai yang menawarkan halusnya pasir putih dan kawasan mangrove menjadi andalan utama pantai Bama. Pantai ini terletak di dalam kawasan Taman Nasional Baluran, lebih tepatnya ada di Banyuputih, sebelum desa Wonorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Tak hanya panorama pantai berpasir putih yang landai, beberapa fasilitas seperti kano, bottom glass boat, bersepeda dan outbond telah tersedia. Ada pula cottage yang siap menjadi tempat peristirahatan disana

Pantai Camplong

5 Pantai Pilihan_CamplongLetaknya sekitar 8 kilometer ke arah timur dari Kota Sampang, tepatnya di Desa Dharma Camplong, pantai landai dengan pasirnya yang putih siap menggoda siapa saja yang lewat di sepanjang jalan pesisir selatan Kabupaten Sampang ini.

Ditempuh sekitar 2 jam perjalanan menggunakan mobil dari Surabaya lewat Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Madura ini, pengendara yang menempuh perjalanan di pesisir Sampang akan disuguhi hamparan hutan bakau dan birunya laut selatan Pulau Garam.

Di pantai ini pengunjung dapat bermain pasir dan mandi di lautan dengan ombak yang tenang dan tak seberapa dalam, sehingga dapat dijadikan alternatif yang paling diminati oleh pengunjung.

Pantai Watu Godek

5 Pantai Pilihan_Watu GodekKeberadaannya di pesisir pantai selatan dan masih 80 kilometer arah selatan pusat Kabupaten Lumajang, membuat keindahan yang tersuguhkan di Pantai Watu Godeg jarang dikunjungi.

Di pagi hari, sapaan kabut di sekitar pantai dapat dinikmati dengan latar belakang pemandangan bukit tinggi, salah satu akses menuju Pantai Watu Godeg. Di sini mata kita seakan tak akan sanggup berkedip menikmati hamparan langit biru dan indahnya pemandangan bibir pantai. Udara segar tak berpolusi seakan tak pernah habis kita hirup.

Pantai dengan ombaknya yang khas ini tepatnya berada di Kecamatan Tempursari. Untuk menuju pantai Watu Godeg pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Ada sensasi tersendiri ketika melakukan perjalanan ke Kecamatan Tempursari, jalan yang berkelok-kelok yang dikelilingi perbukitan dan panorama alam yang masih perawan menambah sensasi tersendiri bagi siapa saja yang datang kemari.

Pantai Popoh

5 Pantai Pilihan_PopohPuluhan perahu nelayan bersandar di tepi pantai. Bergerak pelan, seperti asyik menyaksikan birunya air laut yang menghampar. Agak menjorok ke daratan, pepohonan berdiri rindang. Melebur dalam lalu lalang orang di sana yang sibuk melakukan aktifitas rutin.

Pantai Popoh memang ramai. Ada yang sibuk menawarkan makanan ikan bakar di warung, ada yang menawarkan barang kerajinan berbahan onyx, ikan laut mentah, bahkan ada yang tak berhenti menawarkan paket wisata bahari.

Pantai Popoh terletak di jalur laut selatan atau Samudera Indonesia. Tepatnya berada di Desa Besulih, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Pantai Pasir Putih

5 Pantai Pilihan_Pasir PutihDi dalam pantai yang tenang tersimpan taman laut dengan pesona keindahan yang masih terjaga. Selain itu, pantai yang tergolong landai ini memiliki pasir yang bersih dan lembut. Sajian apik yang siap menyambut siapapun yang datang ke sana.

Sebuah perpaduan keindahan serta kenyamanan, mampu mengusir raga yang rindu akan wisata pantai. Nuansa itu bisa kita jumpai di tempat wisata Pantai Pasir Putih, yang berada di pinggir jalan raya Probolinggo-Banyuwangi. Dan, jalur inipula yang biasa dilewati wisatawan yang menggunakan kendaraan darat Jawa-Bali.

Tempat rekreasi pantai ini masuk wilayah Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Dari Kota Surabaya jaraknya sekitar 174 kilometer, dan 23 kilometer arah barat Kota Situbondo. Pesona yang dapat ditemukan di area ini adalah pantai yang landai dan berpasir putih, taman laut yang eksotis, hutan wisata yang rindang, lengkap dengan fasilitas hotel dan restoran.