Ngabuburit bisa jadi momen yang paling ditunggu bersama keluarga selama Bulan Ramadhan. Tradisi menunggu waktu berbuka puasa ini sudah menjadi ritual wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu untuk berwisata maupun sekedar bersantai bersama orang-orang terdekat. Nah, kami punya beberapa referensi tempat yang asik untuk ngabuburit di Surabaya.

Monkasel
Monumen Kapal Selam (Monkasel) merupakan salah satu tempat wisata bersejarah Di Surabaya. Terletak di jantung Kota Surabaya, membuat Monkasel menjadi salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.

Hanya dengan membayar Rp. 5000,-  per orang, anda beserta keluarga sudah dapat merasakan kejayaan KRI Pasopati 410 dari dekat. Sejak resmi dibuka pada 15 Juli 1998, kapal yang memiliki panjang 76,6 meter, lebar 6,3 meter dan berat 1.300 Ton ini, menjadi salah satu ikon wisata Kota Pahlawan.

Selain bisa menikmati gagahnya monumen kapal selam kebanggaan TNI AL ini, anda bisa menikmati Video Rama yang menyajikan film-film sinematik tentang KRI Pasopati 410 saat masih menjalankan tugasnya. Di dalam areal monumen-pun dilengkapi oleh cafeteria, kolam renang, serta stand penjual souvenir yang akan membuat anda makin betah menunggu adzan maghrib tiba.

Kawasan Ampel
ampel-frdTidak lengkap rasanya jika bulan ramadhan tidak mampir ke tempat yang satu ini. Eksotisme kawasan ampel Surabaya selalu menjadi daya tarik tersendiri setiap tahunnya waktu bulan ramadhan. Anda bisa menghabiskan sore bersama keluarga untuk berburu kuliner atau berbelanja keperluan beribadah seperti tasbih, sajadah, busana muslim, dan masih banyak lagi.

Jika anda berkunjung di kawasan ini jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner khas timur tengah. Anda bisa berbuka dengan gule maryam atau nasi kabuli misalnya. Tidak sulit untuk mencari makanan tersebut, anda hanya perlu menuju ke Jl. KH Mas Mansyur, dengan berbagai variasi harga dan kualitas, mulai dari kaki lima hingga bintang lima.

Dan, akan terasa lengkap jika anda sekeluarga menghabiskan waktu, hingga sholat teraweh berjamaah di sana. Dijamin akan menjadi ramadhan yang istimewa.

Taman Balaikota
balkot-isTempat yang satu ini bisa jadi akan sangat disukai oleh sang buah hati. Bermain air, berbasah-basahan, tentu akan menjadi sebuah arena rekreasi yang sangat menyenangkan bagi sang anak. Jika sedang berada di pusat Kota Surabaya, tidak ada salahnya anda menghabiskan waktu sore anda menanti adzan maghrib Di Taman Balai Kota Surabaya.

Dengan udara yang cukup segar dan bersih, taman di depan Kantor Walikota Surabaya ini menjadi salah satu tempat favorit keluarga. Jika sore hari, air mancur menyala, dan disana akan ramai anak-anak bermain air.

Tempat ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk ngabuburit, karena jika adzan maghrib berkumandang, anda bisa langsung menuju masjid balaikota atau menuju Jl. Walikota Mustajab untuk segera berburu bermacam kuliner. Tapi, ingat untuk membawa baju ganti untuk sang buah hati, agar tidak masuk angin setelah bermain air.

Kebun Bibit
bunbitJika anda suka dengan ekowisata, tidak ada salahnya anda sekeluarga menghabiskan waktu sore Di Kebun Bibit, Wonorejo, Surabaya. Beralamat Di Jl.Kendalsari, Rungkut, Surabaya, tempat wisata yang satu ini menyimpan banyak keistimewaan. Mulai dari danau di tengah taman, yang sering menjadi sasaran para pecinta fotografi, hingga pembibitan bebrbagai jenis tanaman yang dapat menambah pengetahuan si buah hati.

Tak hanya itu, anda sekeluarga dapat bebas menikmati semua fasilitas di taman seluas 5,9 hektar ini tanpa dipungut biaya sama sekali. Seperti jogging track, taman bermain anak, outbond, dan sebagainya.

Mangrove Pamurbaya
Setelah diresmikan sejak 9 agustus 2009 lalu, kawasan hutan mangrove Pantai Timur Surabaya sebagai tempat wisata edukasi ini telah banyak mengalami perbaikan sampai sekarang. Berbagai fasilitas yang mendukung para wisatawan dalam kota maupun luar kota sekarang sudah cukup baik, seperti tempat ibadah, lokasi kuliner, area parkir hingga akses jalan untuk menikmati hutan mangrove juga sudah lebih baik.

8Hal inilah yang membuat para wisatawan memilih lokasi ini sebagai salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu sambil ngabuburit jelang buka puasa. tak hanya wisatawan dari Surabaya saja yang datang, beberapa wisatawan dari luar kota seperti, Bandung, Jakarta dan magelang juga terlihat memanfaatkan lokasi ini sebagi tempat wisata bagi keluarga.

Ditempat ini, mereka mengaku mendapat suasana yang sangat berbeda dibanding hanya berlibur ditengah kota. Berbagai aktifitas bisa dilakukan disini selain menikmati sejuknya pemandangan alam ditengah hutan mangrove ini. Selama perjalanan menuju pusat pantai wisatawan juga diberi wawasan tentang berbagai satwa dan tumbuhan dengan papan informasi yang dipasang disetiap tepi jalan. Bagi para pengunjung yang tidak pada kondisi puasa juga tidak perlu khawatir, pengelola wisata magrove juga menyediakan lokasi kuliner tersendiri bagi mereka.

Dengan pilihan wisata alam yang seperti ini, mereka mengaku hal ini akan menjadi pilihan wisata yang cukup menarik bagi para wisatawan di bulan ramadhan untuk ngabuburit mengunggu waktu berbuka puasa.

naskah : isa anshari | foto : farid rusly