ejtcom-AirTerjunToroan
Air terjun ini terletak di di Desa Ketapang Daja, Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Berdiri anggun, berjajar dengan etalase alam yang asri. Pepohonan rindang, bebatuan yang alami, dan tentu saja, udara yang segar.

Tinggi Air Terjun Toroan hanya 20 meter. Bandingkan dengan Air Terjun Sedudo di Nganjuk yang tingginya mencapai lebih dari 100 meter. Namun demikian, banyak yang menyebut air terjun ini sebagai salah satu yang terindah di Jawa Timur. Apalagi saat matahari terbenam.

Keunikan yang dimiliki, selain kondisi alamnya yang masih sangat terjaga, adalah aliran airnya yang mengalir langsung ke Laut Jawa.

Untuk mencapai Air Terjun Toroan, kita tinggal berkendara dari Surabaya ke arah Madura. Jarak tempuh kurang lebih 110 kilometer. Jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan angkutan umum dan turun di Desa Ketapang. Kebetulan, objek wisata ini cukup dekat dengan jalan raya.

Sehingga dari tempat parkir di Desa Ketapang Daja, kita bisa berjalan kaki langsung menuju pantai. Jarak perjalanan tak sampai 100 meter.

foto : edwin novianto | eastjava traveler photo contest 1