Menikmati keindahan pantai utara Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Situbondo ini seakan tak dapat dihabiskan dalam waktu satu hingga dua hari. Debur ombak dengan bibir putih pantainya, serta deretan bukit menggapai cakrawala menjadikan lanskap indah yang tak dapat dilupakan kala melewati jalur pantai utara di propinsi paling timur dari Pulau Jawa ini.

Keindahan bahari yang ditawarkan menawan hati untuk mampir ke tanah cagar alam Kabupaten Situbondo. Ya, sebuah pantai yang menawarkan halusnya pasir putih dan kawasan mangrove menjadi andalan utama pantai Bama. Pantai ini terletak di dalam kawasan Taman Nasional Baluran, lebih tepatnya ada di Banyuputih, sebelum desa Wonorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Untuk menjangkaunya cukup mudah, dari jalan utama kabupaten Situbondo – Banyuwangi masuk lewat gerbang utama TN Baluran. Disini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp 2.500 untuk domestik, Rp 20.000 untuk mancanegara, jika memakai mobil dikenakan tarif Rp 6.000 per kendaraan. Setelah melewati visit center, selanjutnya masuk ke arah utara sejauh 12 KM, kemudian setelah melewati pos penjagaan berbelok ke arah timur sejauh 3 KM melewati padang savana. Setelah menempuh jarak 15 KM dengan suguhan pemandangan alam hutan yang hijau sepanjang tahun (evergreen forest), lalu ketika sampai pada sebuah teluk dengan buih putih pasirnya serta batuan vulkanik yang menghampar di bibir pantai sepanjang 41 KM mempesona mata.

Tak hanya panorama pantai berpasir putih yang landai, beberapa fasilitas seperti kano, bottom glass boat, bersepeda dan outbond telah tersedia. Ada pula cottage yang siap menjadi tempat peristirahatan disana. Sayangnya, di tempat ini tak ada sinyal untuk handphone karena letaknya yang ada di hutan hujan tropis. Namun tak perlu khawatir, meskipun letaknya yang berada di dalam hutan, akses untuk rumah sakit cukup dekat, yakni ada di areal pintu gerbang masuk TN Baluran, begitu juga mesin ATM bisa dijangkau sekitar 30 KM arah Banyuwangi.

Wajah lain yang ditawarkan pantai Bama adalah matahari terbitnya yang eksotis dan gugusan terumbu karangnya yang dapat diamati dengan snorkling di bibir pantai. Lanskap inilah yang tak dapat di lupakan kala menginjak dan merebahkan angan di Pantai sejuta pesona ini.

naskah dan foto : frannoto