Memperingati Hari Ibu pada 22 Desember kemarin, pelukis asal Yogyakarta Sumadi dan Kinkin asal Bali mewujudkannya dalam sebuah pameran lukisan bertajuk Woman. Pameran yang diadakan di Galeri House of Sampoerna ini berlangsung mulai 24 hingga 30 Desember 2010.

Dari kesemua karya lukisan menggambarkan kegigihan sosok seorang perempuan, namun kedua pelukis tersebut memiliki teknik yang berbeda untuk dituangkan dalam sebuah kanvas. Yakni cat air dengan cat minyak. Hasilnya seperti pada karya Kinkin yang berjudul Wayang Golek Beauty on the Hill menggunakan cat air dan dituangkan dalam kanvas. Sedangkan Sumadi menggunakan media cat minyak yang beberapa diantaranya dapat dilihat yaitu yang berjudul “Aku dan Bundaku”, Kasih Sayang Mama.

Menurut Kinkin, perempuan adalah makhluk Tuhan yang sangat indah dan hingga akhir zamanpun tidak akan pernah habis untuk dilukis karena banyak segi artistiknya. Sementara Rani Anggraini, Manager Museum House of Sampoerna menuturkan, dari sejumlah 50 lukisan yang dipamerkan merupakan kolaborasi pertama dari kedua pelukis ini. “Dengan diselenggarakannya pameran ini diharapkan masyarakat turut memberikan apresiasi terhadap seorang perempuan dan tentunya juga pada sebuah karya seni yaitu seni lukis,” tukasnya di sela pembukaan pameran lukisan (24/12), malam.

naskah dan foto: dhimas