Biasanya orang datang ke mall untuk jalan-jalan atau belanja. Tapi kini, makin banyak yang datang untuk menikmati secangkir kopi plus suasana yang nyaman. Memang ada beberapa alasan. Sekadar santai, nge-net, atau bertemu klien bisnis.

Ngopi di mall belakangan ini jadi tren bagi sebagaian masyarakat di kota besar, seperti di Surabaya. Mall dan Plaza makin memanjakan tiap pengunjungnya dengan sarana nongkrong yang menyenangkan dengan beragam pilihan sajian. Kedai kopi, atau coffee shop merupakan pilihan baru bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu, atau sekedar mencoba varian minuman kopi baru.

Nancy Kanginan, owner Dante Coffee di Surabaya mengatakan, gaya hidup masyarakat ini membuat kian menjamurnya kedai-kedai kopi di dalam mall. “Orang Surabaya suka jalan-jalan ke mall dan plaza. Jarang banget ada pejalan kaki seperti di luar negeri. Jadi paling potensial buka usaha kedai kopi dalam mall atau plaza,” ujarnya.

Tidak seperti di restoran yang diset untuk makan makanan berat, kedai kopi menyajikan sajian yang lebih ringan. Karena itulah, kedai kopi sering dijadikan pilihan untuk nongkrong sambil memesan beberapa menu. “Aku sering banget nongkrong sambil ngopi. Bisa tiga sampai lima kali dalam seminggu,” ujar Maria, 22 tahun, salah seorang pengunjung setia coffee shop franchise Dante Cafe ini.

Mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya ini mengakui, penempatan kedai kopi di beberapa mall memang memberi sarana rehat yang menyenangkan. “Lokasinya di dalam Mall itu enak banget, pas kalau mau nongkrong habis shopping, apalagi kalau pelayannya ramah-ramah dan fasilitasnya macam-macam,” imbuhnya.

Pengunjung yang datang pun bervariasi, mulai dari eksekutif muda, sekumpulan mahasiswa, hingga keluarga. “Kalau hari-hari biasa seringnya para eksekutif muda yang datang, sambil kerja atau meeting. Kalau weekend, biasanya keluarga, atau anak-anak muda yang masih sekolah atau kuliah gitu,” ujar Nancy Kanginan lagi.

Lebih lanjut, wanita berusia 33 tahun itu menyebutkan, mereka biasa datang pada jam satu siang sampai lima sore dan jam tujuh malam ke atas adalah masa-masa kedai kopi ramai dengan pengujung. “Mungkin kalau jam satu itu waktunya makan siang, kalau jam tujuh itu orang-orang sudah pada pulang kantor dan pergi lagi ke Mall,” ujar wanita yang akrab disapa Nancy ini.

Variasi Kopi
Kedai-kedai kopi yang ada di dalam Mall-Mall dan Plaza-Plaza ini pun menyediakan banyak variasi rasa dengan berbagai campuran, sehingga pengunjung dapat memilih sesuai selera mereka. “Variasinya banyak banget, jadi aku bisa pilih yang sesuai moodku hari ini,” ujar Ria, 28 tahun, salah satu pengunjung kedai kopi.

Di Dante Cafe mialnya Nancy mengakuinya, ada sekitar 50 variasi minuman yang disajikan untuk pengunjung. Tiap pengunjung dapat bertanya terlebih dahulu untuk memperoleh gambaran calon minuman yang akan dipesannya.

Untuk meraih pengunjung lebih banyak, tiap kedai kopi juga memiliki varian minuman lain untuk ditawarkan. Seperti coklat, susu, teh, ice blended, atau campuran dari beberapa varian tersebut. “Di Dante, salah satu yang jadi andalan ya cookies & cream, kopi diberi vanilla powder, di mix dengan susu, oreo, dan diberi whipped cream di atasnya,” ujar Nancy lagi.

Untuk kenikmatan rasa, pengunjung tidak perlu khawatir. Karena kedai-kedai kopi di dalam mall dan plaza selalu memiliki quality control dalam tiap produknya. Bahkan, untuk kedai-kedai franchise, bahan, alat, dan pembuatannya harus sesuai dengan standar dari negara asalnya. “Semua produk minuman di Dante dari Taiwan langsung, untuk makanannya ikut yang dari Jakarta,” ujar lulusan jurusan perhotelan Universitas Lesroches, Swiss ini pada EastJava Traveler.

Didukung Fasilitas
Selain macam-macam kopi dan varian minuman lainnya, rupanya fasilitas di kedai-kedai kopi di dalam Mall dan Plaza ini juga menjadi alasan para pengunjung. Kursi-kursi yang nyaman, alunan musik, dan tentu saja koneksi internet wireless yang sekarang sedang digemari. “Saya sering ke coffee shop untuk isi waktu dan sambil mengerjakan tugas dan pekerjaan saya. Sambil ngopi dan internetan gratis,” ujar Vanny, 37 tahun, pegawai swasta penggemar kopi di mall.

Diakui pula oleh Nancy, kebanyakan pengunjung saat ini memang menggunakan fasilitas WiFi di beberapa kedai kopi, maupun di tempat-tempat lain berkoneksi internet wireless. Melihat fenomena ini, Dante Coffee yang telah berdiri di Surabaya sejak Nopember 2007 ini pun menyediakan fasilitas WiFi gratis untuk pengunjung Dante, dengan password yang bisa diminta di tiap karyawan Dante. Bahkan, di tiap tenant Dante, selalu ada beberapa meja kaca dengan komputer di dalamnya.

Selain itu, hampir di tiap kedai kopi juga dilengkapi dengan hiburan musik. Walaupun mall dan plaza juga memainkan musik, namun lagu-lagu yang diputar di kedai kopi biasanya berbeda dengan mall atau plazanya.

Ngopi Dimana?

Dante Coffee | Tunjungan Plaza IV, lt.4 | Galaxy Mall Extention, lt. 2, Surabaya | Surabaya Town Square
Java Mocha Coffee | Tunjungan Plaza II (depan ATM BCA)
Sonnen Café | Sinar Bintoro, Jalan Bintoro 21-25, Surabaya | JS Plaza, lt. 2
Starbucks Coffee | Tunjungan Plaza IV | Tunjungan Plaza III | Sogo Galaxy Mall Extention, lt. 1 | Supermall Pakuwon Indah, lt. | Surabaya Town Square, lt. 2
Coffee Bean | Galaxy Mall Extention, lt. 1
Gloria Jean’s Coffee | Galaxy Mall, lantai dasar

eva tarigan | foto : wt atmojo