Batik identik dengan produk Jogja, Solo ataupun daerah pesisir Jawa Tengah. Namun sesungguhnya Jawa Timurpun mempunyai koleksi yang tak kalah menariknya. Keunikan goresan yang berbeda dari batik Jawa Tengah dan penggunaan warna yang khas menyebabkan batik Jawa Timur berbeda (unik) dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta batik Nusantara.

Hal inilah yang melatarbelakangi para pecinta batik dari Jawa Tengah (Sekar Jagat) menggagas ide untuk melakukan kunjungan ke Jawa Timur untuk menyaksikan secara langsung proses pembuatannya dan tentu saja meninjau koleksinya. Ide ini kemudian di sambut baik oleh Komunitas Pecinta Batik Surabaya (KIBAS) dengan mempersiapakn segala keperluan termasuk akomodasi dan tempat penyelenggaraan pameran batik Jawa Timur tersebut hingga penampilan proses pembuatannya.

Disaksikan setidaknya oleh rombongan 60 orang penggemar Batik dari Jawa Tengah, pameran batik Jawa Timur diselenggarakan pada tgl 20 Maret 2011 di Lobi Surabaya Plaza Hotel. Berbagai koleksi batik khas Jawa Timur dari harga Rp 150.000 hingga Rp 6.000.000 telah menambah wawasan dan koleksi akan corak khas kreasi Jawa Timur. Dalam pameran tersebut juga ditampilkan proses pembuatan batik Jawa Timur bahkan bagi peserta yang ingin mencoba juga dapat secara langsung menuangkan goresan pada kain batik dan lilin yang telah disediakan.

’Batik adalah produk tradisional Indonesia dan melalui batik kreasi dan budaya bangsa diekpresikan dan dikembangkan, maka sudah sepatutya kita dukung segala upaya pelestarian budaya ini’, kata Yusak Anshori General Manager Surabaya Plaza Hotel sekaligus Ketua Dewan Pariwisata Jawa Timur (DEPARI).

Prime Plaza Hotels & Resorts merupakan sebuah jaringan perhotelan berstandar internasional, terdiri dari kategori Plaza dan Dynasty yang menyediakan fasilitas dan akomodasi wisata, bisnis dan pertemuan yang berkualitas di berbagai lokasi terpilih di Indonesia. Mulai dari akomodasi yang nyaman dan menyenangkan di berbagai daerah wisata hingga hotel bisnis yang efisien, Prime Plaza Hotels & Resorts merupakan “The Signature of Indonesian Hospitality”.

Surabaya Plaza Hotel dengan motto “Yes, I Care!” terletak di pusat kota dan bersebelahan dengan Surabaya Plaza merupakan satu-satunya hotel berbintang empat yang seluruh kamarnya suite. Dengan 210 kamar yang terdiri dari perbagai tipe kamar yang ditawarkan mulai Junior Suite, Business Suite dan Deluxe Suite, Surabaya Plaza Hotel merupakan sebuah hotel yang memberikan layanan dan fasilitas bertaraf internasional bagi kalangan usahawan di Surabaya dan Indonesia umumnya.