Bebek Garang (seGAR merangsANG) merupakan pelopor rumah makan bebek kelas menengah yang jejaring bisnisnya makin melebar dengan terus membuka outlet baru.

Sebelumnya nama Bebek Garang sudah sangat terkenal di Bandung. Restoran yang menyajikan menu utama dari bebek dan ayam ini sudah menjadi tujuan wajib bagi pecinta kuliner di kota kembang. Bebek Garang membuka outlet pertamanya di Jalan Dago Bandung pada 26 Juli 2008. Saat ini Bebek Garang telah memiliki 7 restoran (5 di Bandung dan 2 di Jakarta) serta 1 outlet Bebek Garang Express (Delivery and take away).

Bebek Garang juga dapat diposisikan sebagai tempat nongkrong yang tepat. Didukung suasana nyaman dan santai. Berbagai fasilitas permainan, seperti halma, monopoli, ludo, ular tangga serta free wi-fi disediakan untuk kenyamanan konsumen. Bebek Garang telah membuktikan diri mampu bertahan selama 4 tahun dalam bisnis kuliner. Manajemen handal dan professional adalah kunci dari keberhasilannya. Selain SDM yang kuat, kontrol terhadap kualitas produk dan inovasi terus dilakukan juga turut berkontribusi. Banyak prestasi yang dimenangkan oleh Bebek Garang, antara lain penghargaan “Wirausaha Muda Sukses” dari Menteri Koperasi dan KUKM 2011, pemenang kompetisi ”Business Start-up Award” Shell 2010, Bandung Youth Startup Icon versi Marketeers, 100 Youth, Women, and Netizen yang berpengaruh di Indonesia di 2011, dan menjadi Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2011.

Melihat kinerja restorannya yang makin gemilang, Ali Bagus Antra, pemilik brand memutuskan untuk mengembangkan Bebek Garang sebagai franchise dengan bergabung di Baba Rafi Enterprise yang sudah terlebih dahulu sukses mengembangkan Kebab Turki Baba Rafi dan Ayam Bakar Mas Mono.

Ali menambahkan, dengan sistem waralaba, Bebek Garang membuka peluang bagi masyarakat luas untuk memiliki bisnis ini. Soal permintaan, menurutnya sudah banyak sekali permintaan yang datang dari sesama pebisnis, investor, ataupun konsumen untuk membuka cabang baru Bebek Garang. “Sistem kami telah teruji dan mudah diaplikasikan. SOP lengkap dan mudah digunakan. Menjadikan Bebek Garang pilihan tepat untuk berinvestasi,” jelas Ali.

Lebih lanjut Ali memaparkan, ada beberapa tahapan untuk menjadi franchisee Bebek Garang, pertama setidaknya harus paham dan tertarik mengenai bisnis Bebek Garang. Kedua memiliki lokasi yang cocok. Khusus lokasi, Ali sangat memperhatikan salah satu faktor bisnis ini. Karena menurutnya, bisnis kuliner akan sukses jika lokasinya tepat.

“Syarat lokasi yang bagus, pertama akses menuju lokasi harus mudah. Dekat dengan berbagai pusat kegiatan seperti perkantoran, kampus, pusat perbelanjaan/ wisata, pusat kegiatan lainnya yang tidak bersifat musiman. Memiliki tempat parkir yang cukup. Memiliki kapasitas minimal sebanyak 80 kursi. Mendapatkan izin prinsip dari tetangga dan pemerintah,” katanya.

“Kita memang selektif memilih franchisee karena pertambahan jumlah outlet bukan tujuan utama Bebek Garang, tetapi lebih kepada performa outlet yang menjadi tujuan utama. Sejak bulan Juni 2012 kami membuka peluang Frenchise untuk wilayah Jabodetabek. Pada bulan Februari 2013 nanti Insya Allah Bebek Garang akan membuka Outlet Baru di Harapan Indah Bekasi. Pada bulan Januari 2012 juga Bebek Garang akan membuka 1 outlet lagi di Jakarta. Ke depan, kesempatan untuk membuka outlet di daerah lain selain Jabodetabek tentu akan kami buka,” kata Ali.

naskah/foto: dok. voila