Buku sering dianalogikan sebagai gudang ilmu, media untuk mencari insipirasi atau hanya sekedar untuk pemecah solusi. Salah satu sarana pendidikan yang memiliki andil besar dalam mewujudkan manusia yang cerdas dan berpengetahuan, tak berlebihan jika disebutnya sebagai jendela dunia.

Jendela dunia yang terlanjur identik dengan orang berkacamata tebal serta berpenampilan rapi layaknya pemeran utama dalam film Harry Potter ini, ternyata tidak selamanya demikian. Tengok saja toko buku Petra Togamas, yang hampir tiap hari tak pernah sepi pengunjung dari berbagai kalangan, mahasiswa, pelajar hingga anak-anak yang tengah berburu serial komik edisi terbaru. Mereka datang ke toko buku dengan penampilan layaknya ingin pergi nongkrong, atau hanya sekedar jalan-jalan bareng teman atau pasangan.

Berbagai macam buku tersedia di sini baik dari dalam maupun asing. Kalau pun buku yang dicari tidak tersedia saat itu juga, pengunjung bisa memesan dengan memberikan judul buku, nama penerbit serta pengarangnya kepada penjaga toko.

“Demi memberikan kepuasan terhadap pengunjung, kami selalu menerima masukan serta berusaha memenuhi kebutuhan para pengunjung, bahkan ketika buku yang dicari tidak tersedia disini, kita akan mencarikan sesuai dengan permintaan mereka,” terang Theresia Yonathan, Vice Store Manager Petra Togamas kala itu.

“Soal harga, toko buku Petra Togamas terbilang relatif murah, ditambah lagi dengan penawaran diskon yang bervariatif. Khusus untuk member, ada tambahan diskon sebesar 5% untuk segala jenis buku,” Imbuhnya

Selain itu, toko buku yang berlokasi di jalan Pucang Anom Timur 5 Surabaya ini menawarkan beberapa fasilitas umum yang bisa dinikmati pengunjung. Salah satunya beberapa tempat duduk yang tersedia bagi pengunjung yang ingin membaca buku di tempat secara gratis.

Tersedia juga cafe, dimana para pengunjung bisa membaca buku sambil duduk santai sembari menikmati secangkir kopi hangat ala Ladang Coffe dengan berbagai macam varian, seperti kopi lanang, honey atau luwak yang menjadi primadona di coffe shop ini. Berada di kawasan kampus ternama di Surabaya, cafe ini menjadi salah satu tempat pelarian mahasiswa yang butuh tempat nyaman untuk mengerjakan tugas, diskusi atau nongkrong bersama teman-teman. Tidak perlu merasa sungkan berlama-lama dan mengeluarkan kocek dalam-dalam di sini, disamping tempatnya yang cukup luas, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Dan ada satu lagi tempat yang tidak kalah menarik, taman baca. Satu-satunya area yang tidak boleh dilewatkan ketika ingin mencoba sensasi alam sambil bercengkerama dengan buku favorit di bawah pohon rindang, lengkap dengan kolam ikan kecil yang ada di salah satu sudut taman. Lokasinya satu lantai di bawah toko buku, bersebelahan dengan Ladang Coffe. Fasilitas gratis seperti Free Wi-Fi juga disediakan agar pengunjung merasakan kenyamanan ber-internet.

Konsep inovatif ini memberikan sebuah tampilan berbeda dari toko buku lain, sehingga tidak lagi terkesan kaku, serius, tetapi juga dapat menjadi tempat nongkrong, makan dan minum. Tempat edukasi perkotaan ini buka setiap hari, dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Bisa menjadi tujuan alternatif kala dihantui kebosanan, apalagi untuk orang yang gemar membaca, sayang untuk dilewatkan.

naskah & foto : rangga yudhistira