Melihat kembali benda-benda yang pernah beredar di masa lalu membuat imaji kita ikut  terbawa dalam suasana tempo dulu. Seperti yang dipamerkan di Kampus Stikosa-AWS, mulai 7 hingga 11 Nopember 2011. Ada sebanyak 30 benda dan alat untuk komunikasi yang digunakan pada jaman dulu dipamerkan.

Beberapa benda tersebut antara lain, kamera foto, kamera video, gramaphone, radio, tabloid dan surat kabar dipajang disana. Yang menarik lagi adalah selebaran tentang sosialisasi pemilu di Kota Surabaya yang beredar pada tahun 1948 silam. Kertas cetakan asli tersebut memberikan sedikit pengetahuan bagi pengunjung mengenai sejarah dan bentuk komunikasi massal jaman dulu. Tak hanya itu saja, koran Surabaya Post terbitan tahun 70-an serta tiket bioskop pada tahun 60-an juga dipamerkan.

Pameran tersebut diprakarsai oleh For Pro AWS, bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa dan Civitas Akademik Stikosa. Yuyun Zurqoni, selaku penggagas pameran menjelaskan, jika pameran ini untuk mengingatkan kembali kita pada benda dan alat komunikasi yang beredar di jaman dulu. “Karena komunikasi sekarang sudah masuk pada era digitalisasi, maka benda komunikasi konvensional harus tetap kita jaga, dan dikenalkan kepada anak-anak yang hidup di jaman sekarang,” jelas Zurqoni yang juga sebagai Koordinator For Pro.

Lebih lanjut ia menambahkan, benda – benda yang dipamerkan juga koleksi dari beberapa alumnus Stikosa. “Seperti radio, kamera foto, dan kamera video yang dipakai oleh wartawan untuk meliput berita pada era tahun 70-an,” tukasnya.

naskah dan foto : frannoto