Institut Francais Indonesia (IFI) Surabaya selama lima tahun terakhir mengadakan festival komik yang mengundang komikus asal Prancis dan Indonesia untuk berpartisipasi. Kali ini, di luar festival komik tersebut, IFI mengundang komikus Prancis melalui karyanya yang berjudul “The Muslim’ Show”. Karya mereka telah diterjemahkan dan diterbitkan dalam 25 bahasa termasuk bahasa Indonesia. Sekitar dua tahun terakhir komik tersebut sedang hangat dibicarakan di Indonesia yang telah diterjemahkan dan diterbitkan oleh Mizan.

Melihat antusiasme dari masyarakat Indonesia maka para komikus The Muslim’ Show dengan senang hati berkunjung ke sini. The Muslim’ Show sendiri adalah sebuah komik yang menceritakan tentang kehidupan orang-orang muslim yang ada di Prancis. Dengan misi membawa pesan-pesan dakwah yang mudah dimengerti khususnya anak-anak.

Para komikus tersebut adalah Greng Blondin (baca: Greg Blongdang), Karim Allam, dan Noredin Allam. Pada 21 September lalu mereka berpartisipasi pada festival “Pop Con Asia 2014” di Jakarta. Selanjutnya mereka roadshow ke kota Semarang, Jogjakarta, Jombang, Surabaya, dan Bali. Mereka melawat ke Jombang pada 29 September untuk berkunjung ke salah satu Universitas di sana guna memberi workshop dan berbagi pengalaman kepada mahasiswa.

Di Surabaya hanya ada Greg Blondin dan Karim Allam yang hadir pada hari Selasa kemarin (30/9). Mereka juga memberi workshop kepada mahasiswa ITS program studi Desain Produk pada pagi hari. Di sore hari mereka mengikuti “Talkshow Komik” yang diadakan oleh IFI Surabaya untuk bertemu dan bertukar pengalaman dengan rekan komikus lainnya yang berada di Surabaya.

naskah | foto: herwin widodo