Berkunjung ke Kota Malang dan bingung mencari souvenir untuk oleh-oleh? Mampir saja ke Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo. Karena di tempat ini tersedia berbagai pilihan souvenir menarik dan pernak pernik untuk dibawa pulang.

Di sentra kerajinan yang terletak di Jl MT Haryono XI, sekitar 20meter kearah barat setelah pertigaan Dinoyo ini, terdapat sekitar 30 toko yang menjual kerajinan keramik khas kota Malang. Baik peralatan dapur, perlengkapan terapi, atau hiasan unik.  Keramik yang termasuk peralatan dapur diantaranya seperti mug, gelas, cangkir, piring kecil, dan poci. Perlengkapan terawpi seperti cawan kecil, dan wadah air. Sedangkan keramik untuk hiasan rumah seperti vas bunga, asbak, guci, tempat tisu, dan berbagai hiasan unik lainnya.

Ketika memasuki salah satu toko, berbagai macam ratusan keramik cantik terpajang di rak. Sepasang poci dan cangkir-cangkir cantik nampak cantik dengan sentuhan porcelain yang mengkilat dengan berbagai pilihan warna. Selain itu juga terdapat cangkir dengan desain kreatif yang cantik cangkir dengan hiasan keong emas yang menjadi telinga cangkir.

Keramik khas Dinoyo memiliki karakter tersendiri dalam pola hiasannya yaitu lebih ke motif flora dan fauna. Beberapa vas bunga cantik bermotif daun dan bunga nampak cantik dan elegan terlebih lagi jika diisi bunga dan dijadikan hiasan ruang tamu. Ada juga asbak kecil yang lucu dan juga tempat tisu yang unik dengan sentuhan halus porcelain sangat cocok untuk melengkapi hiasan rumah tangga.

Selain hiasan untuk rumah, ada juga souvenir untuk kepokanan kecil anda yaitu celengan mungil dengan berbagai bentuk binatang. Di salah satu rak toko nampak celengan sapid an gajah kecil yang mungil dengan warna menarik yang sangat cocok untuk oleh-oleh untuk anak atau keponakan.

naskah dan foto : arif furqan