Hari sabtu dan minggu boleh saja sudah berlalu, tapi referensi tempat wisata tetap tidak boleh dilewatkan. Tempat wisata yang wajib disimak kali ini adalah Pantai Teleng Ria.

Sebuah pantai yang terletak di Kota Pacitan Jawa Timur, tak jauh dari tengah kota, sekitar lima sampai sepuluh menit, tanpa harus melalui jalan berkelok.

Pemandangan Pantai Teleng Ria, penuh dengan hamparan pasir putih luas, yang diitari bukit-bukit. Seperti halnya di pantai lain, disini angin bertiup kencang, ombak-ombak pun berlarian membentuk gulungan besar. Tak heran, jika anda dengan mudah menemukan Surfing Centre di pantai ini.


Lambaian pohon kelapa dan tanaman mangrove diterpa angin, juga bisa dijumpai dibibir pantai. Beberapa jenis tanaman itu, terlihat sengaja ditanam untuk menjaga ekosistem sekitarnya.

Selain surfing, anda juga bisa berenang menantang ombak kecil yang lari ke pinggir pantai, bermain pasir, atau mencari sisa sisa cangkang kerang.

Tak perlu khawatir. Bermandi air laut, anda tak perlu bingung untuk membilasnya. Dikawasan pantai, sudah banyak kamar bilas yang dibangun di pinggir pantai, yang bisa digunakan dengan membayar Rp. 2 ribu saja.

Liburan ke Teleng Ria memang asik. Puas bersenang-senang di pantai, anda bisa menikmati sejuknya angin dan suara ombak di cafe-cafe sekitar pantai. Tak perlu khawatir untuk kemalaman, tempat ini juga menyediakan penginapan.

Aktifitas lain yang bisa dilakukan adalah berbelanja. Selain souvenir dan pakaian, anda bisa membeli langsung ikan segar tangkapan para nelayan sekitar.

Untuk menikmati keindahan Pantai Teleng Ria, anda cukupmembayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang, dan Rp 3 ribu untuk parkir kendaraan.

Sebagai info, pengunjung perlu berhati-hati dengan sengatan ubur-ubur, jika sudah bermain air di pantai. Ini karena ubur-ubur biasa melakukan migrasi ke kawasan Teleng Ria pada waktu tertentu, yaitu Juni-Agustus.

naskah : pipit maulidiya | foto : rangga yudhistira