Pacitan memiliki banyak aset wisata yang menawan. Selain Pantai Teleng Ria, ada lagi Pantai Srau yang berada di Kecamatan Pringkuku, 25 kilometer arah barat dari kota Pacitan.

Untuk mennggapai pantai yang indah ini, kita bisa memanfaatkan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Karena akses atau jalan yang ada terbilang sangat mendukung.

Pantai Srau menawarkan etalase berpasir putih dan lautan yang bersih. Pantainya relatif landai, sehingga cocok digunakan sebagai salah satu rujukan wisata keluarga, termasuk arena pancing samodra.

Untuk memudahkan wisatawan dalam melakukan eksplorasi, pengelola pantai ini membagi kawasan wisata menjadi tiga lokasi. Lokasi pertama terletak paling dekat dengan pos penjagaan. Di sini, kita diajak menikmati pesona batu-batu karang yang berdiri tegak dan membentuk bukit di sekeliling bibir pantai. Lokasi kedua berada di sisi barat pos penjagaan di pintu masuk. Di sini, layaknya pantai wisata kebanyakan, sudah dibangun tempat duduk dari beton dengan posisi menghadap ke pantai. Di sisi timur, kita juga bisa menikmati pesona goa laut.

Sedangkan lokasi ketiga, anjungan kecil yang terletak di bagian paling barat Pantai Srau. Beberapa wisatawan yang sangat suka menikmati indahnya matahari tenggelam, biasanya akan datang di sini selepas jam lima sore. Menimati udara pantai dari teluk kecil yang menghadap Samudera Hindia, hamparan laut dengan ombak landai, dan pantai berpasir yang indah.

sumber : dinas pariwisata kabupaten pacitan