Indonesia Images bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, siap menggelar Forum Imaji Indonesia : Diskusi dan Presentasi Foto Jurnalistik, Senin (14/12) mendatang. “Selain sebagai bentuk apresiasi terhadap dunia foto jurnalistik tanah air, forum ini sekaligus digelar sebagai peringatan 2 tahun IndonesiaImages,” jelas Hendro D. Laksono, Pimpinan Umum MS MEDIA.

Dijelaskan, forum ini terbagi menjadi dua sesi, pertama, Diskusi “Masa Depan Foto Jurnalistik Indonesia” bersama Oscar Motuloh (GFJ Antara) dan Mamuk Ismuntoro (senior photographer indonesiaimages.net, pendiri Komunitas Matanesia). Kedua, Presentasi Foto Jurnalistik “Perdagangan Sirip Hiu”, karya Fully Syafi, photographer EPA (European Pressphoto Agency) dan kontributor indonesiaimages.net.

Tiga narasumber ini, lanjut Hendro, nanti akan memaparkan tantangan terkini dunia foto jurnalistik. Termasuk ancaman dan peluang-peluangnya di masa mendatang.

Menjelaskan hal ini, Mamuk Ismuntoro, salah satu nara sumber diskusi mengatakan, foto jurnalistik kita melewati beberapa fase penting. Mulai dari era kemerdekaan, pasca kemerdekaan hingga orde baru, lalu foto jurnalistik di era multimedia. “Munculnya media sosial, jurnalis warga, dan maraknya media online, menggeser peran jurnalis termasuk fotografer,” katanya.

Bahkan beberapa media besar merumahkan fotojurnalisnya dengan alasan perampingan. “Bagaimana posisi foto jurnalistik Indonesia di tengah era digital? Ini salah satu yang akan kita kupas,” katanya.

Event ini digelar di Graha Wiyata Lt. 1, Universitas 17 Agustus 1945, Jl Semolowaru 45, Surabaya, Senin, 14 Desember 2015, pukul 11.00 WIB s/d selesai. Ingin bergabung dalam acara ini? Hubungi DETY (08818162034). Karena tempat yang tersedia sangat terbatas.

footer-indisc