Berbagai kesenian rakyat dan produk kerajinan unggulan dari Kabupaten Bojonegoro di pertontonkan dalam acara Gelar Seni Budaya Daerah. Program tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan oleh Taman Budaya Jawa Timur (TBJT), jalan genteng kali 85, Surabaya.

Kali ini, giliran Kabupaten Bojonegoro berkesempatan menampilkan kesenian dan macam produk unggulannya. Suguhan kesenian ini bertemakan Bumi Kahyangan Api yang dapat disaksikan dari tangal 15 – 17 Juni 2012 di pendopo TBJT.

Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwasata Jawa Timur, DR. H. Jarianto, M.Si, mengatakan, dengan adanya acara ini diharapkan bermanfaat bagi para pelaku seni dan pariwisata dengan kalangan pengusaha, akademisi maupun masyarakat umum. “ini adalah forum promosi bagi Bojonegoro untuk menarik minat wisatawan ataupun seniman untuk datang ke Bojonegoro,” ujarnya.

Dalam pagelaran yang di helat Jum’at malam (15/06) ini menampilkan musik Oklik dan jaranan Elang Buana untuk penyambutan Sekda Jatim dan Bupati Bojonegoro. Turut serta duta wisata Kange Yune Bojonegoro. Selanjutnya, sajian tari Gambyong Srampat, tari Thengul dan jaranan akan disuguhkan kepada para undangan dan masyarakat umum.

Pagelaran ketoprak dengan lakon Labet Kriyo Kusumo juga akan meramaikan acara pada Sabtu malam (16/06). Di sekitar pendopo TBJT juga tersedia stand kerajinan dari Bojonegoro, diantaranya seperti Wayang Thengul dan batik Bojonegoroan.

naskah/foto : frannoto