Kecintaan warga terhadap kotanya bisa diwujudkan dalam bentuk apa saja. Demikian juga memeriahkan ultah Surabaya bergaya anak muda tentu saja berbeda. Gae Kon Tok (Sebuah brand clothing asli Suroboyo yang menjual “Surabaya” sebagai selling point utama), Coffee-toffee (Gerai Kopi asli Suroboyo dgn 100 Gerai di Indonesia. Movement nya “Yes I drink Indonesian Coffee”) dan Surabaya Heritage Society (Organisasi nirlaba yang memasakinikan pusaka Surabaya utk kejayaan masadepan) bergabung mengadakan acara yang berjudul TJOEKS, Tjinta Oentoek Kota Soerabaia.

Menurut Freddy H Istanto, ulang tahun kota bisa menjadi momentum untuk meng-ekspresikan geliat anak muda yang kecintaannya pada kotanya tidak kalah dengan para pendahulunya. Kreatifitas di rangkaian acara ini tidak hanya bernuansa ‘party’, sekaligus apresiasi pada budaya lokal dan program-2 berbalut entrepreneurship yang kompetitif dan menantang.

Rangkaian acara-acara kreatif dan seru siap digelar sepanjang 25 – 27 Mei 2012. Detailnya sebagai berikut :

Jumat, 25 Mei 2012
Pukul 14.00, Media Gathering. Pameran Budaya, foto lama Sbaya, Design Kaos & Stand2 entrepreneur.
Pukul 18.00, Talkshow “Ikon Kuliner Surabaya” bersama “Bebek Kayu Tangan”, “Nasi Goreng Jancuk” & “Lontong Balap Pak Gendut”. Talkshow membahas kisah sukses, kiat-kiat bisnis, dll. Pengunjung bisa mencicipi hidangan khas Suroboyo ini. Dilanjutkan Penampilan Band Indie, band lokal Surabaya, My Mother is Hero, Chocolatino & Terro Band.

Sabtu, 26 Mei 2012
Meet and Greet bersama tim olahraga kesayangan arek Suroboyo, tim basket CLS Knights & Persebaya. Kedua tim menyapa penggemar serta bercerita kisah sukses mereka. Dimeriahkan dengan Live Band

Minggu, 27 Mei 2012
Pukul 14.00, Acara penghargaan dari Surabaya Heritage Society/Sjarikat Poesaka Soerabaia untuk wartawan-2 yang peduli pada Cagar Budaya Surabaya. Menghadirkan I Gede Ardika (eks Menteri Pariwisata)*, Bambang D Hartono (Wakil Walikota)* dan Konsulat negara Sahabat.*
Pukul 18.00-selesai, Musik oleh Best Friend Project, yang melantunkan Lagu Suroboyoan dgn gaya musik Jazz. Acara Stand Up Comedy Surabaya, mengangkat budaya komedi Surabaya, dibuka penampilan dari para comicus asli Surabaya. Dilanjutkan dengan Awarding Night CUKS, T-shirt Design Competition. Penyerahan hadiah oleh Owner Gae Koen Tok kepada para pemenang lomba desain T-shirt. Penampilan musik Purwacaraka Music Studio Margorejo. Sebagai acara puncak adalah penampilan Kesenian khas Suroboyo, ludruk oleh maestro ludruk, Kartolo.