Untuk menularkan semangat festival bagi para pegiat komik, para aktor dan pegiat komik di Indonesia, Surabaya khususnya, CCCL kembali menggelar Festival Komik Cergambore. Even yang diadakan sudah kali kedua ini diselenggarakan pada 18 – 20 Februari 2010 di CCCL.

CCCL kembali bekerjasama dengan dengan perpustakaan C2O dan studio-studio independen dari Surabaya bersatu membentuk Comic Artists Society of Surabaya (CASS) untuk penyelenggaraannya.

Salah satu tujuan dari Cergamboree adalah untuk memberi dukungan, agar komik buatan lokal atau independan yang memiliki ciri khas masing-masing dan tak kalah dengan komik dari luar negeri, makin dikenal dan diterima oleh masyarakat negeri sendiri. Selain itu, penyelenggara juga ingin dapat membuka jaringan dan pertukaran wawasan antara Indonesia dengan Prancis melalui kehadiran tamu seniman asal Prancis tersebut.

Program Cergamboree antara lain, pameran, jumpa artis komik, workshop, peluncuran buku, talkshow, pemutaran film, permainan seputar komik. Semua kegiatan festival tidak dipungut biaya.

arie rumihin | foto : heru raya kandari