Ketan yang sehari-hari menjadi jajanan tradisional Indonesia kini hadir dengan citarasa Eropa di Pos Ketan Legenda 1967. Kios kecil di sebelah barat Alun-Alun Batu ini menyediakan makanan tradisional khas Indonesia ini yang disajikan dengan serutan keju diatasnya.

Pertama kali mendengarnya mungkin aneh, ketan yang merupakan makanan tradisional khas Indonesia disandingkan dengan keju, makanan khas eropa. Namun di Pos Ketan Legenda, Batu ini justru Ketan Keju lah yang paling banyak diburu pengunjung sehingga ketan keju menjadi menu yang wajib tersaji di setiap meja.

Ketan yang disajikan memiliki karakter tersendiri, lebih lembut dan lebih kenyal sehingga cocok dicampur dengan apapun. Ada empat macam menu ketan yang bisa dinikmati di Pos Ketan Legenda, Ketan Bubuk dengan parutan kelapa dan bubuk kedelai, Ketan Kicir dengan gula merah, Ketan Campur gula merah dan bubuk, dan Ketan Keju. Harga untuk tiap porsi ketan cukup terjangkau, Ketan Bubuk, Kicir, dan Ketan campur hanya Rp. 2500, sedangkan Ketan Keju Rp 4000.

Berdiri sejak 1967, pos ketan yang sempat popular dengan sebutan “Ketan Yuni Shara” ini telah turun temurun menjadi bisnis keluarga hingga saat ini. Sedangkan variasi menu Ketan Keju baru lima tahun ini disajikan namun respon masyarakat sangat tinggi terutama anak muda, ujar Pak Sugeng pemilik Pos Ketan Legenda. Inovasi dalam variasi menu sangat diperlukan supaya pengunjung tidak bosan dengan menu yang lama.

Dengan hawa dingin Kota Wisata Batu tentunya sangat cocok menikmati jajanan cemilan yang menghangatkan. Selain menu ketan, Pos Ketan Legenda juga menyediakan berbagai minuman mulai dari minuman tradisional seperti kopi, kopi jahe, teh, jeruk hangat, juga minuman dingin bersoda. Pos Ketan Legenda yang buka mulai jam tiga sore hingga jam 12 malam adalah salah satu aset wisata kuliner khas Kota Wisata Batu yang wajib dikunjungi.

naskah dan foto : arif furqan