Mengawali tahun baru 2012, Surabaya Plaza Hotel mengeluarkan beberapa item menu makanan dan minuman yang sensasional. Dua makanan khas Indonesia di launching di Cafe Taman, Surabaya Plaza Hotel, pada Kamis (05/01). Diantaranya yaitu Mie Jemblung dan Mie Tali yang disuguhkan dengan tiga topping rasa berbeda.

Eko Sugeng Purwanto, Food and Beverages Manager Surabaya Plaza Hotel yang memandu langsung cara memasak Mie Jemblung pada event launching mengatakan bahwa mie Jemblung ini sengaja dibuat dengan cita rasa khas nusantara. “Mie ini ciri khasnya adalah berukuran besar dan disajikan dengan porsi jumbo, soal rasa memang sengaja dibuat manis dan gurih, lebih cocok disajikan dengan nasi goreng Jancuk yang pedas dari SPH,” ungkapnya.

Komposisi bahan dari mie Jemblung sendiri adalah mie telur segar, udang, daging ayam, sayuran, telur ayam dan kaldu ayam dengan resep rahasia khas SPH. Cara memasaknya cukup mudah, bawang putih ditumis selanjutnya dicampur dengan telur, udang, sayuran dan kaldu ayam, selanjutnya masukkan mie dan diaduk sampai rata. Untuk kadar panas kompor juga harus diperhatikan, karena hal tersebut mempengaruhi rasa dari masakan.

Sedangkan untuk Mie Tali, sejatinya adalah spaghetti atau fusilli, yakni masakan khas dari Itali yang diadopsi dengan cita rasa Indonesia. Namun, menu – menu makanan tersebut tak lengkap jika dinikmati tanpa minuman yang di buat khusus ala SPH. ada enam item minuman yang mempunyai nama unik. Diantaranya adalah Kejedhog, Hula-hula, Walakadah, Lahar Bromo, Merem Melek dan Kopine Emak. Enam minuman tersebut mempunyai ragam rasa yang berbeda, seperti Merem Melek yang memadukan komposisi beras kencur, minuman jamu tradisional dengan Grenadine membuat orang meminumnya menjadi merem melek karena rasa asamnya yang khas.

Dengan hadirnya menu andalan baru di Surabaya Plaza Hotel, kini variasi menu di hotel tersebut semakin variatif, SPH sendiri biasanya mengeluarkan menu baru setiap enam bulan sekali dalam setahun, jadi, pengunjung hotel semakin banyak pilihan untuk menikmati menu – menu khas dari Surabaya Plaza Hotel.

naskah dan foto : frannoto