Bulan Ramadhan tiba, enaknya berburu masakan khas timur tengah. Dari sekian banyak depot di Surabaya yang menyediakan menu itu, patut dicoba sensasi rasa yang tersaji di depot yang satu ini.

Depot Ampel, terletak di Jalan Walikota Mustajab no. 33 B hadir dengan banyak pilihan menu. Seperti masakan yang berbahan dasar daging kambing dan sapi, yang diolah dengan bumbu yang bercitarasa khas hingga menjadi masakan menggugah selera.

Rumah makan milik M. Fathony dan dikelolah bersama istrinya, Churil Aini Fathony ini, telah berdiri sejak 15 tahun yang lalu. Tepatnya pada pertengahan Oktober 1994. Bahkan, menurut Churil Aini, awalnya depot ini hanya berkapasitas kurang lebih 20 orang. “Tapi saat ini setelah kami lakukan penambahan ruangan, bisa menampung 90 hingga 100 orang pengunjung,” ujar Churil.

Biasanya jumlah pembeli di Depot Ampel melonjak, dan memadati ruangan hingga di lantai tiga saat bulan Ramadhan. “Mereka datang mulai sebelum buka puasa, menu yang dipesan pun bermacam-macam,” imbuh Churil.

Mengenai memilih membuka depot dengan menyajikan masakan Timur Tengah. Fathony menjawab ringan, semua karena hobi. Sebab sang istri kalau di rumah memang doyan masak masakan Timur Tengah. “Jadi saat keinginan itu muncul, langsung terpikir ke situ,” tukas mantan wartawan salah satu harian surat kabar di Surabaya ini.

Menu Lengkap
Untuk urusan menu masakan di Depot yang buka mulai pukul 10.00 sampai 21.00 Wib ini bisa dibilang cukup lengkap. Mengusung daging kambing dan sapi sebagai bahan dasar menu masakannya. Bahkan mulai dari nasi, sate, segala masakan berkuah, sampai steak tersedia di sini.

Selain itu juga ada banyak pilihan untuk dinikmati lainnya, seperti nasi kebuli, sate sum-sum dari bagian tulang belakang daging sapi, sate rudal berupa daging kambing yang digiling dan diberi bumbu yang khas, gulai kacang hijau yang berisi daging sapi dan kuahnya dibuat dari kacang hijau yang dihaluskan, dan ada steak kambing dari bagian paha kambing yang dimasak tanpa tulang.

Ada juga sambosa, yakni snack khas dari Timur Tengah bentuknya seperti martabak berbentuk segitiga dan berisi banyak daging kambing dan diberi potongan cabai hijau. Kita dapat memilih sendiri membeli sambosa itu dalam keadaan mentah siap goreng, atau sudah matang digoreng. Menu ini dijual seharga Rp 20 ribu per 10 buah.

Ada pula roti mariyam (yang nama aslinya adalah roti chanay), yang merupakan camilan asli orang Pakistan dengan bahan dasar tepung, susu, santan, dan telor. Biasa disantap polosan saja, atau dengan menggunakan gulai merah, gulai kacang hijau, gula, atau madu. Di Depot Ampel, seporsi roti mariam yang padat dan kenyal hanya Rp 3.500 saja.

Untuk harga tiap menu masakannya cukup beragam. Untuk masakan nasi, rata-rata Rp 18 ribu, masakan kuah rata-rata Rp 20 ribu, sop buntut daging sapi seharga Rp 22 ribu, steak seharga Rp 32 ribu, dan masih banyak lainnya.

Menu favorit pengunjung di Depot yang buka tiap hari senin sampai sabtu ini, menurut Churil adalah kambing oven dan nasi kebuli. kambing oven di depot ini adalah masakan seperti kambing guling. Hanya saja, tidak dijual langsung satu ekor, melainkan per porsi, dan pada prosesnya, daging kambing direndam oleh bumbu terlebih dahulu sekitar 30 menit, lalu dipanggang dalam oven.

Bila ada pengunjung yang memesan kambing oven, barulah daging kambing tadi dibakar. Semua proses itu selain untuk menambah citarasa tersendiri, juga untuk menghilangkan bau dari daging kambing. Untuk memperoleh per porsi kambing oven, Anda cukup membayar Rp 32 ribu saja.

Selain itu, ada juga nasi kebuli. Nasi ini berwarna coklat dan penampilannya sekilas mirip nasi goreng. Bedanya, nasi kebuli ini dimasak dengan bumbu dan santan agar terasa gurih. Untuk penyajiannya, ditemani dengan krengsengan daging kambing di atasnya. Cukup menyediakan budget sebesar Rp 18 ribu untuk sepiring nasi kebuli.

Yang menarik, selain dagingnya, susu kambing juga dijual di Depot Ampel lengkap dengan bubuk jinten dan madu Sumbawa. Beragam jus juga dijual di sini dengan harga rata-rata Rp 8 ribu.

Di bulan puasa, Depot ini hanya buka mulai pukul 16.00 sampai 22.00 Wib. Untuk tiap pengunjung yang ingin menikmati lezatnya masakan Timur Tengah di Depot Ampel harus menunggu sampai jam 4 sore, karena dekat dengan jam buka puasa. Selain itu, ada promo khusus untuk kopi jahe, kurma, dan wedang pokak (minuman penghangat).

DEPOT AMPEL
Jl. Walikota Mustajab 33 B, Surabaya
Telp. 031-5466462
Buka: pukul 10.00 sampai 21.00 Wib.

naskah : eva tarida sitompul | foto : dhimas prasaja