Datang ke salah satu tempat wisata andalan di Kota Batu ini kita seakan tiada bosan. Selain beberapa bagian yang terus diperindah oleh pengelolah, pilihan area untuk melepas penat di obyek wisata yang bernama Taman Rekreasi Selecta juga cukup bervariasi.

Selecta berada di Desa Tulungrejo, udara yang terasa di tempat ini cukup sejuk, lantaran berada di titik ketinggian 1.150 meter dari permukaan laut, dan dikeliling Gunung Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro. Untuk sampai ke sana, hanya butuh waktu sekitar satu jam dari Kota Malang atau sekitar dua jam dari Surabaya.

Menariknya lagi, Selecta sekarang berbeda dengan apa yang Anda lihat beberapa tahun silam. Didalamnya terdapat aquarium besar dan kolam dengan berbagai jenis ikan yang ada didalamnya. Keunikan dan keindahannya siap menyapa pengunjung begitu melangkahkan kaki masuk ke dalam kawasan Taman Rekreasi Selecta.

Tidak berhenti di situ saja, terus mengikuti langkah kaki cobalah menyusuri bagian-bagian lain Selecta, Anda akan disuguhi panorama indah yang alami dari taman bunga-bunga yang berwarna-warni yang sangat menarik perhatian mata. Bunga-bunga yang hidup terlihat segar dan lebih merekah daripada yang mungkin biasa Anda lihat di daerah perkotaan, mungkin karena udara yang mendukung perkembangan bunga-bunga ini. Ada juga pohon-pohon hijau pelindung sehingga suasana taman terasa segar. Taman ini tertata dengan rapi dan didukung oleh elemen-elemen taman, seperti batu-batuan, jalan setapak, gemericik air, atau kolam ikan sehingga taman terlihat lebih indah.

Berbagai permainan seperti sepeda air, kolam pemandian air dingin atau air panas, waterpark, berkuda, moto GP, indoor playground, arena permainan outbond, flying fox atau naik mobil mini dapat menjadi permainan yang dilakukan bersama anak Anda. Pada pagi hari, Anda dapat berolahraga dengan melakukan jogging di kawasan tersebut.

Bahkan di sisi lain, di tempat wisata ini juga ada unit perkebunan apel dan sayuran. Dalam unit ini PT Selecta (selaku pihak pengelolah) bekerjasama dengan masyarakat sekitar kawasan wisata, sehingga hasilnya akan bisa dinikmati bersama masyarakat. Tanaman yang diproduksi bersama petani di kawasan Selecta adalah sayuran kobis, wortel, bungkul dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin berlama-lama di sini, tersedia pula hotel untuk tempat menginap. Pelayanan ramah dan hotel yang bersih berserta berbagai fasilitasnya akan membuat Anda merasa nyaman. Seperti yang diutarakan Sudarmanto, Wisatawan asal Lamongan, mumpung lagi kumpul-kumpul bareng keluarga besar akhirnya kami sepakat memilih berwisata ke Selecta, karena tempatnya sudah makin indah dengan penuh area hiburan. “Apalagi di sini sudah tersedia tempat menginap dan makan yang sangat memadai dan juga lengkap,” ujar pria berusia 56 tahun ini.

Tempat ini sudah lama dikenal karena Selecta sudah menjadi tempat wisata sejak tahun 1930-an, sejak masih penjajahan Belanda. Pengalamannya sebagai tempat wisata tidak serta merta membuat pengelola berpuas diri, karena pengelola berusaha terus memperbaiki tempat ini agar tetap menarik untuk dikunjungi dan mampu menjadi tempat wisata yang memberi kenyamanan bagi semua pengunjungnya. Selecta merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Batu, Malang. Pengunjungnya tidak hanya wisatawan dalam kota saja, melainkan juga ada yang dari luar kota bahkan luar negeri dari Malaysia, Belanda, Taiwan, dan masih banyak lagi.

Taman Rekreasi Selecta tak sekedar tempat berlibur dan beristirahat, dari catatan sejarah Selecta juga mempunyai nilai sejarah tinggi di republik ini. Betapa tidak, sejak didirikan pada 1928, tempat yang awalnya dimiliki Warga Belanda, De Ruyter De Wildt, telah menyimpan sejuta kenangan dan peristiwa di jaman revolusi dulu. Ir. Soekarno, Presiden RI pertama, konon banyak termenung dan terilhami untuk menyatukan negeri ini. Dari Selecta, tepatnya selama 15 hari pada jaman Jepang 1942, Bung Karno bersama para jenderal dan prajurit pejuang demi kemerdekaan RI, menginap di Villa De Brandarice (sekarang bernama Vila Bima Shakti), Soekarno merenung dan menyusun ide-ide perjuangan yang akhirnya menelorkan naskah proklamasi.

De Brandarice sebagai saksi bisu sejarah nasional itu berdiam di areal taman wisata Selecta yang luasnya 18 hektar. Dalam hal panorama, bangunan Villa Bima Shakti ini merupakan tempat tertinggi di alam pegunungan Kota Batu. Disitulah kita dapat memandang keindahannya untuk dinikmati tanpa halangan, semua keindahan dari kejauhan mampu diterobos mata. (naskah/foto: m.ridlo’i)