Penampilan Patrick Zygmanowski dan Tamayo Ykeda akan jadi pembuka Festival Musim Semi Prancis 2009 Surabaya di Ballroom Hotel Sheraton, malam (14/4) ini. Duo pianis yang bakatnya telah diakui di berbagai ajang kompetisi music klasik Internasional ini, siap beraksi dihadapan publik Surabaya.

Personel Duo Ykeda merupakan pasangan dua bangsa, Prancis dan Jepang, yang bersatu dalam musik. Keduanya akan menggelar konser di hadapan public Surabaya dengan permainan piano empat tangan serta duo pianonya.

Selain konser, keduanya akan menjadi juri pada kompetisi ‘French Piano Competitions’ pada tanggal 18 dan 19 April 2009, di CCCL Surabaya. Kompetisi ini diikuti 147 peserta dari berbegi tingkatan mulai pemula hinnga mahir. Seluruh peserta akan menanpilkan kemampuan mereka dalam memainkan karya-karya komponis Prancis.

Surabaya akan menjadi lebih berbeda dalam Festival Musim Semei Prancis (FMSP) tahun ini. Karena kedatangan dua pianis yang hanya tampil di kota ini untuk mengawali program FMSP 2009. Pubilk Surabaya, akan mendapat suguhan music klasik yang berkualitas dari duo ini.

Sepanjang perjalananya, music klasik mulai berkembang pesat di Indonesia. Suguhan ini sekaligus akan menambah wawasan bagi pecinta music klasik.

Duo Ykeda menghasilkan musik khusus untuk empat tangan dengan mencurahkan bakat mereka masing-masing pada jenis music ini, dalam irama yang sangat kental dan menajubkan. Saat ini mereka menjadi bintang yang luar biasa, pada tahun 2009 ini mereka akan tampil di Eropa, Jepang, Afrika dan Indonesia.

naskah : shiska pradibka | foto:dhimas prasaja