Selama satu bulan penuh mulai 1 Oktober sampai 30 Oktober 2011, kita akan dimeriahkan dengan adanya Jatim Festival 2011 dengan tema “East Java Shopping and Culture Festival”. Rangkaian acara ini merupakan dalam rangka menyambut HUT Jawa Timur ke-66.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo saat pembukaan East Java Shopping and Culture Festival di alun-alun Tugu Kota Malang, Sabtu (1/10) malam menjelaskan, dengan rangkaian acara peringatan Ulang Tahun Jawa Timur yang ke-66 tahun ini yang melibatkan banyak UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), lanjutnya, harus dilaksanakan secara berkelanjutan. “Luar biasa sekali, pada momen ini, selain menampilkan banyak UMKM, juga pemberian diskon yang mencapai 70 persen. Ini benar-benar luar biasa,” lanjutnya.

Seperti halnya dengan digelarnya East Java Shopping and Culture Festival ini, lanjut Pakde Karwo, merupakan event yang baru pertama kali diadakan dan harus mendapat dukungan semua pihak. “Ini merupakan salah ajang untuk mempromosikan Jawa Timur dan juga bagi UMKM. UMKM mempunyai peran besar dalam meningkatkan perekonomian mikro maupun secara makro,” imbuhnya.

Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur saat ini mencapai 7,18 persen dan tahun 2012 diperkirakan akan mencapai 8 persen. “Pencapaian itu juga tidak lepas dari semakin tumbuh dan berkembangnya UMKM yang mempunyai potensi tinggi di Jawa Timur. Jawa Timur merupakan provinsi yang sangat tepat untuk berinvestasi,” Lanjut Soekarwo.

Sementara menurut Ashar, Asisten Bidang Pemerintahan Jawa Timur. Selain memanjakan para shopper, kegiatan tersebut juga akan diwarnai dengan sejumlah atraksi hiburan seni budaya tradisional seperti tarian, parikan dan seni budaya dari kabupaten kota yang ada di Jawa Timur.
“Pendeknya sepanjang Oktober masyarakat Jatim akan dimanjakan dengan beragam festival makanan dan seni budaya.” ujarnya.

Maka, jangan sampai lewatkan untuk ikut serta dalam memeriahkan HUT Jatim, dengan menyemarakkan event East Java Shopping and Culture Festival. Dengan beragam rangkaian bentuk event, mulai budaya, aneka festival, kuliner, belanja, dan masih banyak lagi. (rid)