Senin (17/3) sore, kantor Redaksi dan Marketing EastJava Traveler di MS Media, Wisma Kedung Asem Indah E-6, Surabaya, terasa beda. Sejumlah wartawan dan mahasiswa datangdi sana. Maklum, hari itu, EastJava Traveler genap berusia satu tahun. “Ini dihitung sejak pengelolaannya ditangani MS Media,” kata Hendro D. Laksono, Pimpinan Umum Majalah EastJava Traveler (EJT).

Jika dihitung sejak awal lagi, majalah ini muncul kali pertama pada Februari 2007. Saat itu, EJT terbit di bawah bender Suara Surabaya Media. Karena sesuatu hal, per Maret 2008, EJT pindah tangan ke MS Media, divisi penerbitan dan percetakan milik CV MULIA SEJATI.

“Tentu jadi kebanggan tersendiri bagi kami. Selain EJT bisa terbit hingga kini, EJT dinilai cukup mewarnai industri pariwisata Jawa Timur,” kata Hendro.

Hadir dalam acara syukuran ini, Iman D. Nugroho (wartawan Jakarta Post) dan Choirul Anam (Majalah Al Falah, YDSF), dan sejumlah mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi – Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) dan UK Petra Surabaya.

“Tak hanya kepada kawan-kawan yang hadir di sini, EJT juga ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, PHRI, ASITA, kawan-kawan yang pernah beriklan di EJT, dan tentu saja, seluruh pembaca,” papar Hendro lagi.

Sepanjang satu tahun perjalanan, area distribusi EJT makin luas. Selain di Surabaya, EJT juga merangkul beberapa resto, hotel, dan travel agent di Malang, Pasuruan, Mojokerto, Gresik, Kediri, Probolinggo, Sidoarjo, dan beberapa kabupaten dan kota lainnya. Terhitung sejak Maret 2009, EJT juga sudah bisa didapatkan di Jakarta. Dan dalam waktu dekat, majalah ini siap menyapa peminat wisata Jawa Timur di Yogyakarta dan Bali.

Menanggapi halini, Arif Surya, Direktur CV MULIA SEJATI mengatakan, EJT dalam satu tahun dinilai berkembang cukup signifikan. “Selain dalam format cetak, sejak tahun 2008 lalu EJT juga muncul dalam format online. Dan ini jadi catatan menggembirakan buat MS Media,” katanya.

Selain EJT, kata Arif, MS Media juga dipercaya untuk mengerjakan beberapa produk lain seperti mediaHALO TELKOMSEL, CitraRaya Culinary, dan beberapa website. “Dalam waktu dekat, bersama Dewan Kesenian Jawa Timur, kami juga sedang siap-siap meluncurkan majalah seni dan budaya Jawa Timur. Tunggu saja,” pungkas Arif.

naskah dan foto : wt atmojo