Cak kandar lebih dikenal dengan lukisan bulu ayamnya. Kali ini seniman asal Surabaya itu memamerkan 20 karya seni lukisnya di lobby Hotel Bumi, Jalan Basuki Rahmat No. 106-128, Surabaya.

Pameran tersebut bertajuk “NOW” dan rencananya akan dibuka oleh Soekarwo Gubernur Jawa Timur pada 24 November 2010. Para penikmat seni lukis, serta kolektor lukisan dan juga pengunjung hotel Bumi dapat menikmati hasil karya seniman berusia 63 itu mulai 24 November hingga 4 Desember 2010, mendatang.

Cak Kandar menjelaskan kali ini lukisannya menggabungkan antara seni lukis dikanvas serta olahan secara digital. “ Teknik yang saya terapkan disini ialah teknik perpaduan teknologi informatika dikomputer dan seni lukis di kanvas,” tutur Cak Kandar saat ditemui East JavaTraveler.com.

Dari kedua puluh lukisan itu ada lukisan yang menarik dengan judul “Saya!Kamu! Dia, Bisik Bisik serta “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Lukisan “Habis Gelap Terbitlah Terang” tersebut menggambarkan sosok Cak kandar sendiri yang berada diantara Ibu Kartini dan Marrlyn Monroe. “Di antara judul judul itu saya pilih karena fakta yang terjadi dimasyarakat kita saat ini ialah saling menyalahkan, itu tak hanya terjadi pada diri kita saja, tapi selebriti dan juga politisi,”papar seniman berambut gondrong ini.

Proses yang dilakukan cak kandar awalnya memotret disekitar kehidupannya dan juga dibantu oleh putranya. “Setelah memotret saya masukkan beberapa foto yang siap dipamerkan ke program photoshop lalu kembali dilukiskan dengan cat air pada sebuah kain kanvas,” urainya sambil membenahi kameranya.

“Saya tidak khawatir unsur seni yang terkandung dalam lukisannya akan luntur dengan teknik yang saya lakukan ini, toh temanya kolaborasi antar seni lukis dan teknologi informatika,” tegasnya.

naskah dan foto : dhimas p